icon-category Auto

Chery dan Kemenperin Sepakat Bikin Mobil Listrik di Indonesia

  • 28 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - PT Chery Sales Indonesia (CSI) sebagai pemegang merek Chery, telah menandatangani surat pernyataan niat atau Letter of Intent (LoI) bersama Direktorat Jendral Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ditjen ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Keduanya sepakat mendukung percepatan pembentukan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Penandatanganan LoI ini dilakukan oleh Qu Jizong selaku Executive Vice President PT CSI dan Hendro Martono selaku Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (IMATAP yang mewakili Ditjen ILMATE Kemenperin).

Salah satu hal yang layak disorot dari LoI tersebut adalah dukungan pemerintah kepada Chery untuk produksi KBLBB di Indonesia agar dapat berjalan memenuhi TKDN.

Dukungan juga diberikan untuk peningkatan kapasitas produksi secara berkelanjutan dan memberdayakan komponen industri kecil dan menengah, serta peningkatan ekspor KBLBB produksi dalam negeri.

"Dalam satu tahun kehadiran di Indonesia, kami semakin yakin bahwa Chery dapat terus bertumbuh bersama pemerintah, mitra, dan konsumen Indonesia. Oleh karena itu, kami akan menjalankan komitmen untuk berinvestasi melalui produksi kendaraan listrik di Indonesia dan pendistribusiannya ke negara-negara setir kanan," ujar Qu Jizong dalam keterangan resmi.

Secara khusus, CSI menyatakan komitmennya dalam melakukan upaya terbaik dan maksimal dalam pelaksanaan proyek industri KBLBB di Indonesia. Tentunya dengan mematuhi regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang harus dipenuhi sesuai aturan pemerintah.

CSI juga berkomitmen untuk melakukan riset dan pengembangan, peningkatan teknologi, dan program pengembangan keterampilan agar dapat meningkatkan kemampuan manufaktur untuk memenuhi dan melampaui standar industri.

Semua komitmen di atas disebutkan sebagai rencana Chery di Indonesia sebagai pusat produksi dan pusat ekspor bagi mobil ramah lingkungan. Chery juga akan secara bertahap memperkenalkan berbagai varian mobil ramah lingkungan lainnya untuk mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan udara bersih dan pengurangan emisi.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini