home ×
Auto

China Emang Kebangetan, Bareng Huawei Bikin Jalan Pintar untuk Mobil Otonom

18 January 2021 By
China Emang Kebangetan, Bareng Huawei Bikin Jalan Pintar untuk Mobil Otonom
Share
Share
Share
Share

Foto: Autoevolution

Uzone.id - China emang kebangetan. Apa aja kayaknya bisa dibikin oleh mereka. Setelah heboh bikin matahari buatan, kali ini muncul kabar kalau negeri Tirai Bambu ini sedang mengembangkan jalan pintar.

Apa itu jalan pintar? bukan nama jalan ya. Tapi jalan yang terkoneksi dengan Internet of Things, sebagai bagian dari ekosistem mobil otonom. Jadi gak hanya mobilnya yang pintar, jalanannya juga.

Bersama dengan Huawei, China sedang mengembangkan jaringan jalan yang disesuaikan untuk mobil otonom, sebagaimana dilaporkan Autoevolution.

Baca juga: Alasan Apple Car Belum Akan Terealisasi di 2028

Huawei dan beberapa mitra domestik saat ini sedang menguji coba sebuah jalan pintar sepanjang 4 km di kota Wuxi di Jiangsu.

Jadi, jalan pintar tersebut bakal terkoneksi dengan berbagai kendaraan otonom, dan saling bertukar informasi untuk memuluskan dan mengamankan lalu traffic lalu lintas masa depan.

Sama halnya dengan mobil otonom, sejumlah piranti koneksi internet, sensor-sensor, radar, dan kamera, menjadi andalan dari jalan ini untuk berkomunikasi dengan kendaraan yang melintasinya.

Huawei sedang menguji kemampuan jalan cerdas itu dengan sebuah bus yang dibangun khusus bernama X-Bus yang dikendalikan oleh jaringan khusus yang bertugas menganalisis semua data.

Bus tersebut bisa mengajukan permintaan khusus pada jalan pintar tersebut, seperti misalnya meminta prioritas lampu traffic untuk melancarkan jadwal dan urgensi tugasnya.

"Kendaraan otonom adalah tren yang tak tertahankan. Satu-satunya solusi adalah mendapatkan lebih banyak informasi dari jalan raya," kata Presiden Bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi Huawei, Jiang Wangcheng.

VIDEO First Drive Nissan Magnite, Crossover Mungil Bermesin 1.000cc Turbo:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 18 January 2021 | 22:28:12

teknologi yang sangat luar biasa semoga kita bisa mencontohnya mantap banget deh

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article