icon-category Gadget

Chipset Snapdragon 6 Gen 1 Bikin Smartphone Menengah Naik Kelas

Uzone.id - Qualcomm sejauh ini telah mengumumkan tiga prosesor dengan format penamaan yang baru, Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1. Dari rumor yang beredar, perusahaan asal Amerika Serikat itu akan memperkenalkan chipset terbaru selanjutnya yang dinamai Snapdragon 6 Gen 1.

Dari sumber terpercaya yang didapat leakster terkenal, Evan Blass, Snapdragon 6 Gen 1 dibuat dengan arsitektur 4nm dan sudah mendukung jaringan 5G yang terintegrasi. Jaringan 5G yang didukungnya sudah mmWave dan sub-6 GHz dengan agregasi SA, NSA, TDD, FDD, dan TDD-FDD

Prosesor dengan nomor model SM6450 itu juga telah dilengkapi dengan fitur Qualcomm Quick Charge 4+. CPU Kryo-nya memiliki kecepatan maksimum pada 2,2 GHz. 

Baca juga: Asus ROG Phone 6D Bikin Rekor Benchmark di AnTuTu

Smartphone yang ditenagai prosesor ini bisa memiliki RAM berjenis LPDDR5 sampai 12 GB yang biasa digunakan pada ponsel flagship. Sudah bisa dipastikan kalau chipset ini akan menopang ponsel kelas menengah yang akan datang. 

Kemampuannya pun bisa dibilang segudang, seperti kebolehannya untuk menunjang layar smartphone sampai Full HD+ dan refresh rate 120Hz.

Baca juga: Snapdragon 8+ Gen 1 vs Apple A15 Bionic, Lebih Kencang Mana?

System on chip (SoC) tersebut juga dapat mendukung kamera dengan sensor 108MP, membuat ponsel bisa merekam video 4K HDR pada 30 FPS atau video slo-mo 240 FPS di resolusi 720p.

Belum ada keterangan resmi dari Qualcomm perihal prosesor terbaru ini. Mungkin, perusahaan tersebut akan meluncurkan prosesor kelas menengah ini bersamaan dengan Snapdragon 8 Gen 2 pada perhelatan ‘Snapdragon Summit’ pada November mendatang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini