icon-category Gadget

Snapdragon 8+ Gen 1 vs Apple A15 Bionic, Lebih Kencang Mana?

Uzone.id - Snapdragon 8+ Gen 1 dan Apple A15 Bionic merupakan dua prosesor mobile terkencang untuk saat ini. Snapdragon 8+ Gen 1 sudah digunakan oleh beberapa model smartphone, salah satunya Xiaomi 12S Ultra. Adapun Apple A15 Bionic, digunakan oleh iPhone 13 Series. 

Snapdragon 8+ Gen 1 dihadirkan sebagai revisi Qualcomm atas ‘gagalnya’ Snapdragon 8 Gen 1. Asal tahu saja, prosesor tersebut dinilai sering overheat ketika mendapatkan tugas yang berat.

Dari kabar yang berhembus, gara-garanya arsitektur 4nm Samsung yang belum sempurna. Alhasil, Qualcomm menggunakan arsitektur 4nm TSMC untuk membuat Snapdragon 8+ Gen 1. Prosesor ini lebih baik dari kinerja, efisiensi daya dan manajemen suhunya. 

Baca juga: Compare iPhone SE 2022 vs iPhone 13 Mini

Mengutip dari Golden Reviewer, Xiaomi 12S Ultra yang ditenagai prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 menampilkan kinerja lebih baik dalam uji Genshin Impact dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1, dalam hal ini Samsung Galaxy S22 Ultra dan Poco F4 GT. 

Malah, kemampuan gaming prosesor ini juga mengungguli Apple A15 Bionic yang menopang iPhone 13 Pro Max. Xiaomi 12S Ultra dengan Snapdragon 8+ Gen 1 mencatat frame rate rata-rata 57,7 FPS, hanya bisa dikalahkan oleh iPad Mini 6 dengan 59,3 FPS.

iPhone 13 Pro Max tertinggal dengan frekuensi 49,2 FPS, sementara Samsung Galaxy S22 Ultra tertinggal jauh di 42,1 FPS untuk Genshin Impact. 

Tak cuma kencang, Xiaomi 12S Ultra juga menawarkan efisiensi daya yang lebih oke dari Apple A15 Bionic pada iPhone 13 Pro Max. Keunggulannya malah melampaui MediaTek Dimebsity 8100 yang juga masuk ke kelas prosesor flagship.

Baca juga: Adu Kuat Prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 vs Snapdragon 8 Gen 1

Dari pengujian Genshin Impact ini, tergambar dengan jelas kalau Snapdragon 8+ Gen 1 memenuhi harapan sebagai prosesor yang kencang dengan efisiensi yang bagus di kelasnya. 

Prosesor ini tak cuma melebihi performa prosesor generasi sebelumnya, tapi juga bisa bersaing dengan chipset lain yang tak kalah kencang, terutama A15 Bionic yang sempat diklaim sebagai prosesor terkencang ketika pertama kali diperkenalkan.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini