home ×
Gadget

Cinematic Mode di Kamera iPhone 13, Bisa Bikin Film Bak Hollywood?

15 September 2021 By
Cinematic Mode di Kamera iPhone 13, Bisa Bikin Film Bak Hollywood?
Share
Share
Share
Share

 Foto: Apple

Uzone.id -- Seri iPhone 13 memang tidak memiliki perbedaan drastis dengan iPhone 12 jika dilihat dari aspek desain dan tampilan. Namun, ada satu pembeda yang cukup dibicarakan, yakni fitur Cinematic Mode yang disematkan di kameranya.

Kuartet iPhone 13 sama-sama dibekali fitur Cinematic Mode yang tujuannya memperkaya kemampuan video dari kamera ponsel anyar Apple ini.

Sesuai namanya, Cinematic Mode ini dapat memberikan hasil video dalam balutan sinematik, sehingga Apple mengklaim kalau iPhone 13 adalah ponsel yang cocok bagi kreator muda atau sineas pemula.

“Seri iPhone 13 adalah ponsel sempurna untuk filmmaking, khususnya Pro dan Pro Max,” ungkap SVP Worldwide Marketing Apple, Greg Jozwiak dalam acara peluncuran di Apple Event.

Baca juga: Resmi Dirilis, Ini Spek dan Harga iPhone 13 Series

Bahkan di sela acara, Apple menunjukan contoh karya sinematik yang sekilas mirip seperti film Hollywood. Video atau cuplikan film tersebut diperkaya dengan nuansa sinematik dengan pergerakan yang cukup mulus, serta dukungan fokus yang bisa close-up, serta berpindah titik dengan mudahnya.

“Fitur ini dapat merekam momen secara sinematik. Siapapun bisa bikin film meski bukan profesional, karena aspek sinematik yang kami bangun dapat fokus ke suatu subjek meskipun kamera bergerak,” tutur Designer Apple Johnnie Manzari.

dok. Apple

Ia melanjutkan, “komputasi algoritma pun kami kembangkan agar dapat mengantisipasi apabila ada subjek yang masuk ke ruangan, sehingga ia bisa mengunci fokus subjek dari awal. Kendati begitu, bila subjeknya memalingkan wajah, maka fokus akan otomatis pindah ke latarnya atau ke subjek yang berada di belakangnya. Jadi semua berjalan mulus.”

Baca juga: Reaksi Kocak nan Julid dari Samsung buat iPhone 13

Apple menyematkan kualitas Dolby Vision HDR Recording di fitur Cinematic Mode ini.

Dukungan terhadap fitur Cinematic Mode iPhone 13 turut datang dari sineas prestisius Hollywood, Kathryn Bigelow. Peraih piala Oscar ini mengatakan bahwa untuk ponsel pintar yang sudah dibekali kemampuan video sinematik tentu sebuah kemajuan yang menarik.

“iPhone tidak butuh peralatan tambahan sekarang, semua prosesnya sudah terintegrasi. Saya pikir ini adalah tantangan bagus. Seru sekali untuk menyelam lebih dalam bersama iPhone [dalam pembuatan film],” ungkap Kathryn.

Singkatnya, Kathryn mengaku selama mencoba menggunakan iPhone, pengalaman selama syuting sangatlah berbeda dan Cinematic Mode ini membawa angin segar dalam proses pembuatan film secara positif.

VIDEO: Yang Penting-penting dari Apple Event Selain iPhone 13

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id