icon-category Berita Pilihan

Ciri-Ciri dan Tips Memilih Kamera CCTV Tahan Air

  • 13 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Pemakaian kamera CCTV tahan air sebenarnya sangatlah menguntungkan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk kamera outdoor yang bisa terkena hujan setiap saat namun juga kamera CCTV indoor.

Bisa saja terjadi kondisi dimana CCTV indoor terkena air misalnya saat ada kebocoran di bagian atap dan menyebabkan air hujan masuk ke dalam rumah.

Jika Anda menggunakan produk kamera CCTV terbaik dengan spesifikasi tahan air atau waterproof, maka akan jauh lebih aman dan menguntungkan.

Jika sewaktu-waktu CCTV terkena paparan air tetap akan bekerja dengan aman dan terhindar dari kerusakan. Hal ini akan sangat membantu Anda ketika membutuhkan CCTV untuk meningkatkan keamanan di lingkungan sekitar.

Perhatikan Ciri Ciri Kamera CCTV Tahan Air

Saat ini ada banyak sekali tipe CCTV yang dapat Anda jumpai di pasaran. Tidak sulit juga bagi Anda untuk mendapatkan perangkat kamera keamanan yang tahan air. Namun terlebih dahulu Anda harus paham seperti apa ciri-ciri kamera CCTV yang memang tahan terhadap paparan air. Berikut adalah beberapa ciri yang perlu Anda perhatikan:

Desain Memanjang

Jika Anda ingin membeli CCTV yang tahan air, maka hal pertama yang bisa diperhatikan terlebih dahulu adalah bagian desainnya. Jenis CCTV seperti ini biasanya memiliki desain yang memanjang. Jauh berbeda dengan CCTV yang tidak memiliki spesifikasi tahan air. Umumnya tipe CCTV yang non-waterproof memiliki bentuk lebih pendek.

Selain desain fisiknya memanjang, kamera CCTV tahan air juga biasanya tampak padat. Anda bisa melihat dengan jelas perbedaannya dengan CCTV yang tidak tahan air, biasanya punya bagian yang terbuka.

Jika CCTV tersebut tahan air biasanya tidak ada bagian ujung yang terbuka tujuannya untuk melindungi perangkat dan komponen didalamnya dari air.

Material Tahan Air

Anda juga bisa melihat jenis material yang dipakai untuk membuat body CCTV tersebut. Di sini Anda sebaiknya membaca dengan detail apa jenis material yang digunakan. Biasanya di bagian kemasan CCTV sudah tertera dengan jelas material yang dipakai apakah sudah waterproof atau belum. Tentunya Anda harus memilih CCTV dengan material fisik yang tahan air.

Biasanya produk CCTV yang memang waterproof akan menyertakan keterangan lengkap mengenai material yang mereka pakai. Melalui kemasan produk, biasanya sudah terlihat jenis material yang digunakan sehingga terbukti bahwa CCTV tersebut memang bersifat anti air.

Harga Lebih Mahal

Secara umum harga CCTV dengan spesifikasi tahan air atau waterproof memang jauh lebih mahal daripada CCTV yang tidak tahan air. Hal ini disebabkan oleh jenis material yang dipakai berbeda dan desainnya pun berbeda. Kualitas yang diberikan juga jauh lebih tinggi karena bisa tahan air sehingga tidak heran jika harganya akan jadi lebih mahal.

Namun perlu diketahui bahwa masalah harga ini juga tidak bisa dipandang sama karena bagaimanapun juga setiap brand memiliki standar harga berbeda.

Bisa jadi harga CCTV tahan air lebih terjangkau daripada CCTV tidak tahan air karena perbedaan merek. Jadi lebih baik cari pertimbangan dan perbandingan dari CCTV dengan merek yang sama meskipun spesifikasinya berbeda.

Beberapa ciri ini bisa jadi pertimbangan bagi Anda saat ingin membeli kamera CCTV terbaik dengan spesifikasi tahan air. Namun pastikan untuk lebih teliti lagi dan lihat keterangan pada kemasan dengan cermat.

Pastikan bahwa kamera yang Anda beli memiliki sertifikasi Ingress Protection yakni ketahanan CCTV terhadap debu dan air (IP65/IP66/IP67/IP68). Tidak ada salahnya juga langsung berkonsultasi sehingga Anda tidak akan salah beli dan bisa mendapatkan CCTV dengan kualitas yang bagus sekaligus tahan air.

Tips Memilih Kamera CCTV Tahan Air

Sebaiknya lakukan pemilihan CCTV tahan air dengan cermat dan hati-hati. Jangan sampai Anda sudah keluar banyak biaya tapi ternyata tidak mendapatkan CCTV dengan kualitas terbaik. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan saat memilih CCTV dengan spesifikasi tahan air:

Pilih Berdasarkan Brand

Tips pertama, pilihlah produk CCTV berdasarkan brand atau mereknya. Hal ini cukup penting dan mudah untuk diperhatikan. Memilih berdasarkan merek sebenarnya jadi jalan yang mudah karena Anda bisa mencari review atau ulasan terlebih dahulu mengenai merek CCTV yang bagus. Selain itu Anda juga melihat seperti apa popularitas dari brand tersebut.

Pilihlah produk kamera CCTV terbaik berdasarkan brand yang terpercaya. Biasanya brand yang terpercaya dan terkenal memiliki jaminan kualitas. Anda bisa mengandalkan produk CCTV mereka untuk jangka waktu panjang dengan performa yang memuaskan.

Lihat Spesifikasi Lengkap

Selanjutnya lihat dulu seperti apa spesifikasi lengkap dari CCTV yang akan Anda beli. Hal ini sudah pasti harus dilihat dengan teliti sebelum membeli sebuah produk apalagi produk elektronik. Anda harus tahu seperti apa detail spesifikasi produk dan apakah sudah cocok dengan kebutuhan atau belum.

Jika Anda ingin menggunakan CCTV yang tahan air maka pastikan hal tersebut tercantum dalam daftar spesifikasi produk.

Spesifikasi ini juga bisa jadi poin penting yang bisa Anda bandingkan apabila ada beberapa pilihan produk yang ternyata cukup sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan membeli CCTV dengan spesifikasi lengkap dan terbaik.

Selain membaca keterangan spesifikasi dari kemasan produk, Anda juga bisa mendapatkan informasi ini melalui website atau customer service.

Jika produk CCTV tersebut berasal dari brand yang kredibel dan cukup populer, maka tidak sulit untuk menemukan website resmi mereka. Dari sana Anda juga bisa mendapatkan kontak customer service yang akan memberi informasi lengkap tentang spesifikasi.

Cari yang Akurat dan Canggih

Cobalah untuk mencari kamera CCTV yang hasil rekamannya akurat dan berteknologi canggih. Di zaman modern seperti sekarang, perkembangan teknologi berjalan begitu cepat. Sangat disayangkan jika Anda memakai produk CCTV yang teknologinya masih kuno sehingga fitur yang diberikan juga kurang optimal dan tidak relevan dengan zaman sekarang.

Lewat spesifikasi tadi, Anda bisa menilai apakah produk CCTV tersebut cukup canggih atau tidak. Anda juga bisa mengetahui sejauh apa akurasinya. Pastikan bahwa kualitas kamera tersebut cukup akurat sehingga bisa merekam dengan detail dan pemeriksaan hasil rekaman berjalan lebih mudah.

Pilih yang Fiturnya Lengkap

Kamera CCTV yang bagus dan bisa diandalkan pastinya akan memiliki fitur lengkap. Oleh sebab itu perhatikan juga apa saja fitur unggulan yang ditawarkan oleh sebuah produk CCTV.

Semakin lengkap fiturnya maka akan semakin bagus karena banyak opsi selama menggunakan perangkat tersebut. Jika fiturnya terbatas, maka pemakaiannya juga akan sangat terbatas.

Lewat kemasan produk, Anda bisa mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan. Selain itu Anda juga bisa mencari ulasan atau keterangan produk lebih lengkap melalui website merek CCTV yang bersangkutan.

Tak ada salahnya juga bertanya atau berkonsultasi dengan pihak customer service untuk mendapatkan penjelasan lengkap mengenai fitur-fitur CCTV tersebut.

Pastikan Pemasangannya Mudah

Jauh lebih menguntungkan bagi Anda jika bisa mendapatkan produk CCTV yang pemasangannya mudah. Di zaman sekarang ini, perangkat seperti kamera CCTV banyak yang menawarkan kemudahan pemakaian atau pemasangan. Jadi instalasi kamera tidak akan membutuhkan tenaga teknisi khusus dan tidak akan membutuhkan biaya yang besar.

Sebaiknya pilih produk CCTV yang bisa dipasang dan diatur sendiri. Ini jauh lebih mudah dan fleksibel karena Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Apabila produk CCTV tersebut memang didesain untuk pemasangan manual tanpa teknisi, biasanya sudah disertai petunjuk di dalamnya. Jadi Anda sebagai pengguna tinggal mengikuti petunjuk yang sudah tersedia.

Selain instalasi, Anda juga perlu mempertimbangkan kemudahan dalam koneksi. Di zaman canggih ini, produk CCTV biasanya semakin mudah untuk dihubungkan ke perangkat mobile. Pastikan dulu apakah perangkat tersebut sudah kompatibel dihubungkan dan diamati lewat perangkat mobile atau belum.

Cari Review dari Pengguna

Anda mungkin akan dihadapkan dengan banyak pilihan rekomendasi kamera CCTV terbaik di pasaran. Namun tentu saja Anda tetap harus memilih produk CCTV mana yang akan digunakan. Pemilihan produk yang tepat bisa jadi lebih mudah jika Anda membaca ulasan atau review pengguna terlebih dahulu. Ini akan mempermudah Anda menilai apakah produk CCTV cukup bagus atau tidak.

Di zaman digital seperti sekarang ini, Anda bisa dengan mudah menemukan review atau ulasan produk. Tinggal search saja produk atau merek CCTV yang ingin Anda beli. Biasanya akan langsung keluar banyak ulasan yang sudah ditinggalkan oleh para pengguna. Anda bisa mengetahui mengenai kualitas produk lebih jelas.

Pertimbangkan Harga

Sudah pasti harga menjadi poin penting yang juga harus diperhatikan sebelum membeli CCTV. Apalagi Anda menginginkan kamera CCTV dengan spesifikasi tahan air yang biasanya dibanderol dengan harga lebih tinggi. Jadi perhatikan baik-baik berapa harga yang ditawarkan apakah sudah sesuai atau belum.

Tidak ada salahnya untuk membandingkan harga satu produk CCTV dengan yang lain. Ini semakin penting untuk dilakukan jika Anda akan membeli produk CCTV dalam jumlah banyak. Tentunya perbedaan harga sekecil apapun akan sangat berpengaruh dalam hal ini. Selain itu, pastikan juga harganya sebanding dengan spesifikasi atau fitur yang ditawarkan oleh produk CCTV.

Tentunya memang ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin mendapatkan kamera CCTV terbaik dengan spesifikasi anti air atau waterproof.

Selain anti air, CCTV tersebut juga harus punya kualitas kamera yang bagus dan merekam secara detail.

Semua ini akan menguntungkan Anda sebagai pengguna dan meningkatkan sistem keamanan di lingkungan sekitar.

Gunakan CCTV Tahan Air dengan Kualitas Terbaik

Pilihlah produk CCTV Hikvision ColorVu yang punya kualitas bagus dan terbukti dibekali teknologi canggih terbaru. Produk CCTV ini pastinya bisa diandalkan untuk menjaga keamanan di lingkungan pribadi maupun tempat-tempat umum. Resolusi kamera yang dimiliki mencapai 4K sehingga hasil rekamannya sangat detail dan jelas

Tak hanya itu, Hikvision ColorVu ini juga mampu merekam berbagai jenis momen dengan hasil warna yang lebih terang. Ini akan membuat hasil rekaman jauh lebih jelas untuk diamati. Di dalamnya juga sudah dilengkapi teknologi canggih yang akan meningkatkan akurasi dalam perekaman.

Kamera CCTV Hikvision ColorVu bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin meningkatkan sistem keamanan di lingkungan pribadi maupun tempat umum.

Melalui CCTV ini, Anda bisa mendapatkan rekaman peristiwa di sebuah lingkungan dengan jelas dan detail. Langsung saja klik di sini jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk tersebut.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini