icon-category Gadget

Hands-on Ezviz C6, CCTV Pintar dengan Fitur Object Detection

Ezviz C6 (Foto: dok Ezviz Indonesia)

Uzone.id - Portofolio kamera keamanan besutan Ezviz terbilang lengkap. Selain pilihan CCTV untuk outdoor, Ezviz pun turut menghadirkan kamera pengawas yang melindungi area di dalam rumah, salah satunya Ezviz C6.

Kamera keamanan nan pintar ini mampu mengawasi dan merekam ruangan di hunian pengguna dengan resolusi sampai 2K. Tentu, semakin tinggi resolusinya, maka semakin jelas detail yang bisa dilihat oleh pengguna.

Bisa terhubung ke smartphone, pengguna pun dapat mengatur posisi kamera secara seamless melalui aplikasi Ezviz. Caranya, dengan menghubungkan kamera ke jaringan WiFi. Kemudian pengguna tinggal menggunakan aplikasi Ezviz dan melakukan penghubungan pertama kali.

Desain modern, tapi tidak tahan air dan debu

 

Ezviz berhasil membuat kamera CCTV yang terlihat modern, dan pas dipasangkan di berbagai sudut rumah. Ezviz C6 memiliki bentuk seperti bola, dengan penampang bawahnya yang datar agar memudahkannya diletakkan di meja atau plafon rumah.

Ezviz menyebut desainnya sebagai orb-shaped. Cuma sayangnya, karena kamera CCTV ini tak dilengkapi dengan baterai, maka kalian harus memasangnya di dekat stop kontak. Adapun untuk port pengisian dayanya menggunakan micro USB dan sudah dilengkapi dengan adaptor dinding bertenaga 5V/2A.

Baca juga: Mengupas Canggihnya Kamera Samsung Galaxy A73, Setara S22?

Yang menarik, kamera ini bisa menampilkan raut wajah tidur yang imut ketika mode privasi diaktifkan. Ketika raut muka ini muncul, di atasnya terdapat slot khusus untuk menaruh microSD sebagai opsi penyimpanan tambahan.

Oiya, pengguna juga bisa berlangganan layanan cloud Ezviz jika tak ingin memasukkan microSD. Namun, menggunakan sistem penyimpanan berbasis cloud ini, harus mengeluarkan biaya tambahan Rp99 ribuan per bulan atau Rp999 ribuan setahunnya.

Lantaran dikhususkan untuk penggunaan di dalam ruangan, maka kamera ini tak dilengkapi dengan sertifikasi anti air maupun anti debu. Ini cukup disayangkan, karena bisa saja ada kondisi di mana kamera bisa terkena percikan air atau partikel debu yang masuk ke sela-sela kamera.

Kamera 3MP dengan resolusi 2K, didukung AI

 

Kamera ini bisa memantau area ruangan dengan sudut pandang 360 derajat, baik ke kiri atau ke kanan. Sementara saat diatur untuk melihat bagian atas dan bawah ruangan, terbatas 133 derajat saja sudut pandangnya.

Pemantauan dengan sudut pandang yang luas ini ditunjang juga dengan sensor kamera beresolusi tinggi. Ezviz C6 menggunakan kamera 3MP dengan sensor CMOS berukuran â…“ inci. Kamera ini mampu menangkap gambar sampai resolusi 2K atau (2.560 x 1.440 piksel).

Tentu saja, dengan resolusi yang tinggi, maka gambar yang ditangkap lebih tajam dan kontras. Hasil video tertinggi bisa kalian lihat langsung via aplikasi secara live streaming, namun kelancaran video yang ditayangkan tergantung koneksi internet di rumah.

Baca juga: Kamera Canon EOS R7 dan R10 Resmi Meluncur di Indonesia

Tampilan UI dari aplikasi Ezviz di smartphone

Kalau patah-patah, kami sarankan untuk menurunkan resolusinya dan mengunduh video beresolusi tertinggi melalui aplikasi Ezviz untuk bisa melihat video keamanan berulang-ulang kali.

Kamera ini sudah didukung berbagai macam fitur keamanan, seperti Color Night Vision dengan lensa starlight untuk memberikan gambaran jelas dan detail, walau perekaman dilakukan saat malam hari atau kondisi cahaya yang tak mendukung.

Ezviz C6 pun didukung oleh ragam teknologi berbasis AI atau kecerdasan buatan, terutama untuk mengenali objek di sekitarnya. Kamera Ezviz C6 dapat mendeteksi kehadiran manusia dan hewan. 

Baca juga: Sebelum Beli, Ketahui Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR

Ketika mendeteksi sesuai yang mencurigakan, otomatis pengguna diberikan notifikasi langsung ke smartphone mereka melalui aplikasi Ezviz.

Juga, berkat dukungan fitur Voice Activity Detection, kamera ini dapat mendeteksi berbagai suara di sekitar dengan jarak sampai 10 meter.

CCTV ini sebenarnya cocok juga sebagai kamera keamanan di kamar bayi atau anak-anak. Dengan fitur pembicaraan dua arah dan teknologi Waving-hand Recognition & Control, pengguna bisa melakukan ‘video call’ bersama anak-anak dari jarak jauh.

Baca juga: Perhatian, Ini Deretan Isu Keamanan Siber yang Wajib Kamu Tahu

Kualitas suara dan komunikasinya boleh diadu, lantaran Ezviz C6 sudah didukung oleh teknologi noise-cancelling dengan dua mikrofon. Dan Hi-Fi Sound Quality.

Di Indonesia, Ezviz C6 dijual dengan harga Rp1,2 jutaan. CCTV pintar ini bisa dibeli melalui official store di Tokopedia dan Shopee, atau di Ezviz Store terdekat.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini