icon-category Auto

Community Week: Ford Ranger Double Cabin Diisi Pertamax, Ini yang Terjadi

  • 25 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Komeng bersama Ford Ranger double cabin miliknya. (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Apa jadinya kalau Ford Ranger yang dibekali mesin diesel malah dikasih minum bensin Pertamax? Kejadian itu dialami oleh seorang pemilik Ford Ranger double cabin bernama Winardi Effendi atau akrab disapa Komeng.

    Pengusaha toko keramik yang berdomisili di Lampung ini berbagi kisah ketika mobil kesayangannya itu dikasih Pertamax oleh petugas pom bensin di Lampung.

    “Ini (Ford Ranger) pernah salah isi BBM, Pertamax sampai full tank. Kebetulan saya pulang dari toko papasan sama teman, kebetulan teman ini yang punya pom bensin, pakai double cabin juga, Ranger juga, dia yang ngeracunin saya (beli Ford Ranger). Dia lihat saya pulang, dia telepon, masuk pom bensin, saya bilang ke petugas pom ‘full’,” cerita Komeng saat berbincang dengan Uzone.id di program Community Week di Pantai Minang Rua, Lampung Selatan.

    Menurutnya, petugas pom rupanya sadar telah memasukkan Pertamax ke tangki Ranger. Lalu petugas tersebut mengambil dispenser Pertamina Dex. Namun, porsi di tangki mobil diperkirakan sudah terisi Pertamax hingga 80 persen.

    BACA JUGA: Yamaha 'Nmax Listrik' E01 Resmi Jajal Market di Indonesia

    “Pas pulang, jarak 1 kilometer itu sudah kerasa. Saya balik lagi ke pom bensinnya, ‘pak tadi salah isi gak?’, ‘nggak’, ‘bener?’, ‘iya pak nggak’,” Komeng mengulang pembicaraan waktu iu.

    Selanjunya, Komeng langsung telepon ke teman-teman mekanik kenapa mesin Ford Ranger-nya ngelitik. Mekanik itu sudah mengingatkannya bahwa kemungkinan salah isi BBM.

    “Hari Minggunya masih saya pakai ke kondangan. Besok paginya saya pergi ke toko, saya panggil mekanik, kenapa mobil gue ngelitik?” kata dia.

    Selanjutnya, si mekanik langsung membuka selang yang masuk ke filter solar. Saat ditaruh di gelas plastik, BBM yang turun berwarna biru alias Pertamax.

    “Langsung lemas,” ucap dia.

    Beruntung Ford Ranger-nya tidak sampai turun mesin hingga sekarang. Meskipun sempat dibawa untuk beraktifitas saat tangki berisi campuran Pertamax dan Pertamina Dex.

    “Saya telepon yang punya pom bensin, lihat CCTV, bener (diisi Pertamax),” ujarnya.

    BACA JUGA: Honda Brio dan Kaum Milenial Hancurkan Pasar Sedan

    Gara-gara petugas pom bensin tidak jujur, pemilik pom bensin pun langsung memecatnya. Kalau saja saat itu jujur maka bisa menghindari kerusakan yang fatal.

    “Kalau orang yang resek minta ganti ini, sama dengan ganti mobil baru kalau mesinnya rusak,” kata dia.

    Pemilik pom bensin tidak lepas tanggung jawab. Selain kasih filter solar, juga siap ganti rugi jika ada kerusakan pada mesinnya.

    “Kebetulan sampai sekarang aman,” katanya.

    Ford Ranger yang jadi partner Komeng produksi 2012 dengan membawa mesin 2.200 cc.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini