icon-category Auto

Honda Brio dan Kaum Milenial Hancurkan Pasar Sedan

  • 22 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Honda Brio (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Kalau ada yang harganya murah, irit bensin, lincah di jalanan, punya tenaga mesin yang bisa diandalkan, dan desainnya yang keren tentu saja kaum milenial akan memilih Honda Brio dibandingkan mobil sedan yang harganya jauh lebih mahal.

    Honda Brio yang dipasarkan di Indonesia ada dua varian, yakni Brio Satya (LCGC) dan Brio RS (Non LCGC).

    Di sektor powertrain, Honda Brio dipersenjatai mesin 4-silinder 1,2 liter i-VTEC yang punya daya 90 PS @6.000 rpm dan torsi 110 Nm @4.800 rpm.

    Honda Brio pun tambah kece tampilannya dengan All New Brio pada Agustus 2018.

    Selain tambah kece, dimensinya pun membengkak jadi panjang 3.800 mm x lebar 1.680 mm x tinggi 1.485 mm. Sehingga menawarkan kabin lebih lega.

    BACA JUGA: Ngabuburide: Mau Touring? Siapkan Dulu Rute dan RAB

    Tampilan baru Brio makin digemari dan sudah jadi backbone penjualan Honda Prospect Motor (HPM) sampai sekarang.

    Buktinya, penjualan Brio berkontribusi 54 persen dari total penjualan mobil Honda pada Februari 2022, dengan jumlah 3.993 unit.

    Kemudian, penjualan Brio di Maret 2022 meningkat jadi 5.106 unit.

    Dua orang milenial yang saya tanya soal alasan membeli Brio, kurang lebih senada dengan tulisan di atas. "Gue beli Brio karena fun to drive, irit, gampang dimodif dan desainnya keren," katanya.

    Satunya lagi mengatakan,"Karena dengan harga yang sesuai budget, bisa dapat mobil yang sesuai kebutuhan. Gue butuh mobil kecil untuk PP (pulang-pergi) dari rumah ke kantor."

    Nah, jadi untuk memiliki mobil ground clearance rendah yang murah, desain keren, performa bagus dan lincah di jalan raya, tentu saja Brio pilihan paling rasional. Buat apa beli sedan yang harganya mahal.

    BACA JUGA: Ramadan Pekan Ketiga, Pelabuhan Merak Terpantau Masih Sepi

    Bagi milenial yang punya dana lebih, bukannya membeli sedan tapi banyak yang memilih hatchback seperti Honda City HB, Toyota Yaris, Suzuki Baleno dan Mazda2

    Maka dari itu, pasar sedan makin kejepit saja. Honda City Sedan saja cuma bisa menjual 136 unit di Maret 2022, apalagi Toyota Vios lebih melempem lagi dengan penjualan 23 unit di bulan yang sama.

    Meskipun milenial punya duit sampai setengah miliar rupiah, mereka kebanyakan ogah membeli sedan karena SUV jadi pilihan rasional untuk menjelajahi jalanan Indonesia yang belum semuanya beraspal mulus.

    Milenial bisa memilih SUV macam Honda BR-V, Honda HR-V, hingga mobil keluaran Hyundai yang lagi hits, Creta.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini