home ×
Digilife

Coocaa Punya OS Sendiri untuk Smart TV, Namanya Coolita

02 September 2021 By
Coocaa Punya OS Sendiri untuk Smart TV, Namanya Coolita
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Produsen smart TV asal China, Coocaa seolah tidak ingin bergantung pada OS yang sudah ada milik perusahaan teknologi dunia. Mereka telah membuat OS baru khusus untuk televisi pintar dengan nama CoolitaOS.

Coolita OS adalah lite Web OS yang diciptakan dari Linux kernel yang menawarkan pengalaman smart TV lebih ringan, lancar, dan nyaman. Dengan konsep desain yang “Cool & Clear”, CoolitaOS 1.0 memberikan tampilan antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan.

"Saat ini CoolitaOS tersedia di beberapa pasar Asia Tenggara seperti India, Indonesia, Thailand, dan Vietnam. OS terbaru ini akan mengubah pengalaman smart TV dengan memberikan pengalaman pengguna yang lebih ringan, lancar, dan nyaman untuk generasi berbasis Internet saat ini," ujar Raul Hua General Manager of Coolita Global Business Department, dalam konferensi virtual di channel YouTube Coocaa Global, kemarin.

Baca juga: Android TV 50 Inci Coocaa Dibanderol Kurang dari Rp5 Juta

Dia menjelaskan jika Coolita OS 1.0 hadir dengan berbagai pilihan hiburan dan aplikasi yang dapat dinikmati. Misalnya aplikasi YouTube 2021 terbaru menawarkan akses tak terbatas ke video berkualitas tinggi. Sementara CC Plus, platform streaming terintegrasi yang didukung oleh Coolita OS, menawarkan berbagai konten global dan lokal dengan pembaruan secara real-time, dan rekomendasi konten yang dapat disesuaikan oleh pengguna.

Dengan CC Cast eksklusif, sebuah teknologi yang dikembangkan oleh Coocaa, pengguna dapat memproyeksikan konten dari perangkat Android ke layar TV tanpa koneksi Internet atau Wi-Fi dengan menghubungkan ke jaringan area lokal (LAN) dari TV. Pilihan hiburan lain termasuk lite cloud games yang sudah terpasang di dalamnya, browser Internet, app store, dan banyak lagi.

Untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan konsumen yang berbeda-beda, Coolita OS 1.0 juga dilengkapi dengan berbagai fungsi yang mudah digunakan, termasuk Data Saver yang menyediakan pengingat data real-time untuk membantu pengguna dalam mengelola penggunaan data mereka dengan mudah, dan Mode Proteksi Mata untuk memberikan pengalaman menonton yang nyaman dan menyenangkan dengan tampilan low-blue-light.

Baca juga: Senyum Manis Anthony Ginting

Salah satu televisi pertama yang akan mengadopsi CoolitaOS adalah Coocaa TV S3U. Televisi ini dilengkapi dengan layar Direct View LED (DLED) berukuran 32 inch dengan resolusi 1366x768 piksel. Dengan rasio layar 16:9 dan lima mode gambar yang dapat dipilih mulai dari (Standard, Vivid, Game, Movie, dan Sports), TV ini mengadopsi serangkaian teknologi peningkat kualitas gambar untuk menghadirkan detail yang menakjubkan, warna optimal, dan mengurangi noise agar menghasilkan gambar yang nyata. Selain itu, TV ini juga menghadirkan pengalaman audio yang kaya dan imersif dengan dua speaker tunggal berdaya tinggi 10W, teknologi coocaa Sound AES (Audio Enhanced Surround), serta efek Dolby Audio.

Penjualan perdana Cooca TV S3U berbasis CoolitaOS ini akan dilakukan pada 9 sampai 11 September 2021 di beberapa e-commerce ternama dengan hanya Rp2 jutaan.

Ke depannya, coocaa dan Coolita akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan di seluruh ekosistem industri, mulai dari penyedia konten, perusahaan TV, penyedia layanan pintar, penyedia dukungan IoT, platform e-commerce, dan penyedia perangkat keras, untuk menyediakan produk dan konten berkualitas tinggi yang memberikan pengalaman hiburan yang mulus dan imersif kepada konsumen di seluruh dunia.  

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id