icon-category Auto

Cuaca Tidak Menentu, Jangan Lupa Cek 5 Komponen Motor Ini

  • 24 May 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Musim pancaroba yang merupakan peralihan dari musim kemarau ke mudim hujan, dikenal dengan cuaca yang tidak menentu. Bukan hanya pengendaranya saja yang harus menjaga kesehatan, motor pun tetap harus diperhatikan.

Oleh karenanya perhatikan lima komponen motor yang satu ini ketika musim pancaroba sedang berlangsung. Main Dealer Yamaha Sumatera Selatan dan Bengkulu PT Thamrin Brothers pun memberikan sejumlah tips perawatannya.

1. Filter udara

Di musim panas, kondisi jalan di Indonesia akan cenderung lebih berdebu yang dapat membuat filter udara menjadi cepat kotor. Jika filter udara terlalu kotor, bisa menyebabkan suplai udara ke mesin menjadi berkurang karena adanya hambatan.

Hal ini dapat menyebabkan performa mesin menurun dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Oleh karenanya disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan filter udara setiap satu bulan sekali. Jika menggunakan filter udara tipe kering bisa dibersihkan lewat udara bertekanan, sementara jika filter udara basah maka wajib segera diganti.alt-img

2. Ban

Cek kondisi dan tekanan ban ketika di musim pancaroba, mengingat tekanan ban cenderung tidak stabil di suhu cuaca yang berubah-ubah.

Cek juga ketebalan ban untuk cengkraman ban yang lebih maksimal, jika sudah menipis dapat membahayakan terutama ketika tiba-tiba turun hujan.

Disarankan menggunakan angin dari nitrogen saat musim pancaroba, dikarenakan tekanannya yang lebih stabil dibandingkan dengan angin biasa.

3. Mencuci motor

Usahakan tidak terlalu lama menunda mencuci motor setelah terkena hujan, mengingat air hujan bersifat asam yang dapat menyebabkan sejumlah komponen motor lebih cepat korosi.

Segera bilas motor dengan air biasa setelah terkena air hujan dan sebaliknya saat musim panas untuk mencuci motor agar tidak terdapat debu yang melekat di komponen motor.alt-img

4. Air radiator

Saat cuaca panas, mesin membutuhkan pendinginan yang optimal bagi motor yang menggunakan radiator. Pastikan air radiator di tabung reservoir selalu berada di batas aman yakni di antara batas atas dan batas bawah tabung reservoir.

Jika air radiator berada di batas bawah, disarankan lakukan pengisian atau penambahan air radiator. Jika ingin mengisi sendiri bisa membuka tabung reservoir di bagian bawah motor yang berwarna putih.

5. Rantai

Pada motor manual yang memakai rantai, perlu mengecek komponen tersebut pada saat musim pancaroba. Mengingat komponen ini penting untuk mengantar tenaga ke roda belakang, maka pastikan rantai dalam kondisi prima.

Cek kekencangan rantai, kemudian setel jika sudah mengalami kendor, serta berikan cairan khusus pelumas rantai dan selalu cek kondisi keausan rantai dan gir.

Yang terakhir ini bukanlah bagian dari pengecekan komponen motor dan perawatan di kala musim pancaroba, namun jas hujan perlu dibawa setiap saat di bagasi motor. Mengingat pancaroba memiliki cuaca yang tidak menentu, maka jas hujan berperan penting untuk memastikan perjalanan aman dan nyaman.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini