icon-category Auto

Tips Atasi Motor yang Susah Nyala Gara-gara Lama Gak Dipakai

  • 08 May 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Motor yang ditinggal liburan dalam waktu yang lama terkadang menimbulkan masalah tersendiri. Biasanya masalah ini berupa starter atau mesin susah untuk dihidupkan.

Tentunya hal ini dapat mengganggu aktivitas pemiliknya, terutama saat ingin digunakan dalam kondisi terburu-buru.

Lantas jika motor yang lama tidak terpakai sulit dihidupkan, bagaimana cara mengatasinya?

Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere menyebutkan mesin sulit menyala ketika ditinggal cukup lama dapat disebabkan oleh beberapa hal.

"Terdapat beberapa faktor penyebab motor sulit untuk dinyalakan setelah ditinggal cukup lama. Pertama bisa dari kualitas bensin yang menurun, kedua bisa karena ruang bakar mesin masih dingin, ketiga bisa karena aki yang mulai ngedrop," ujar Ribut saat diwawancara oleh Uzone.id.

alt-img

Seperti diketahui, kualitas oktan pada bensin bisa menurun ketika tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Sementara kondisi aki yang masih terpasang pada motor, dapat berpengaruh pada daya listriknya meskipun motor dalam keadaan mati alias off.

Ribut pun memberikan beberapa tips untuk mengatasi ketiga hal tersebut. Menurutnya pemilik motor bisa mengganti bensin yang ada di dalam tangki dan mengisi kembali daya pada aki motor.

"Bisa dengan mengganti bensin dan di-charge akinya. Disela kalau motor yang masih ada kick starter juga bisa, tapi pastiin kondisi bensin tidak terlalu lama," papar Ribut.

Mengenai umur bensin yang terlalu lama, Ribut sendiri menyebutkan tidak terdapat standar waktu tertentu. Berdasarkan penuturannya, kualitas bensin bisa berubah tergantung waktu dan cuaca yang terjadi.

Sebelum motor ditinggal terlalu lama, pemilik motor juga dapat melepas kabel tegangan aki terlebih dahulu. Dengan demikian, daya yang ada di dalamnya tidak berkurang dan membuat kondisi aki menjadi lebih sehat.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini