icon-category Auto

Daftar Fitur Canggih Subaru Forester, Ancaman Buat Kompetitor

  • 19 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Subaru Forester generasi 5 (Foto: Subaru)

    Uzone.id - Subaru bikin gebrakan di tahun 2022 ini dengan comeback di Indonesia melalui PT Plaza Auto Mega bekerja sama dengan PT Subaru Corporation Japan dengan merilis Sport Utility Vehicle atau SUV Subaru Forester generasi 5 dengan dua trim varian: Subaru Forester 2.0i-L dan Subaru Forester 2.0i-S EyeSight.

    Fitur-fitur yang ditanamkan pada Forester pun 'wah' banget. Bahkan, jadi ancaman bagi kompetitor di kelasnya, yakni Honda CR-V, Mazda CX-5, dan Hyundai Santa Fe yang berpenggerak roda depan. 

    Pasalnya, semua varian trim Subaru Forester mendapat penggerak semua roda atau All Wheel Drive (AWD) sehingga asyik ketika diajak berpetualang ke tempat-tempat yang mustahil dilewati mobil biasa. 

    Untuk mengetahui fitur-fitur penting yang dibawa Subaru, pantengin sampai selesai penjelasan di bawah ini:

    BACA JUGA: Cara Kerja Suzuki Ertiga Smart Hybrid Mirip Yamaha Fazzio

    Subaru Forester generasi 5 (Foto: Subaru)

    Subaru Global Platform

    Subaru Global Platform memungkinkan penyerapan benturan hingga 40 persen lebih baik, body roll yang berkurang hingga 50 persen, dan peningkatan rigiditas hingga 70 persen untuk memberikan rasa aman, impresi berkendara dinamis, dan rasa nyaman kepada penumpang.

    Symmetrical All-Wheel Drive

    Symmetrical All-Wheel Drive telah menjadi identitas Subaru selama lebih dari 30 tahun, dan system Symmetrical All-Wheel Drive pada Subaru Forester adalah penyempurnaan terbaru yang memberikan impresi berkendara lincah, dan mudah dikendalikan.

    Sistem penggerak Symmetrical All-Wheel drive memungkinkan pergerakan empat roda secara fulltime, menjamin traksi optimal di semua kondisi jalan.

    X-Mode

    X-Mode hadir di kedua tipe untuk meningkatkan kemampuan jelajah di segala medan, versi terbaru dari fitur ini menghadirkan optimalisasi X-Mode yang mengontrol mesin, transmisi, dan rem pada permukaan licin, meningkatkan kemampuan berkendara dalam kondisi off-road dan jalan yang tidak rata.

    Pada Subaru Forester varian 2.0i-S EyeSight terdapat moda Snow/Dirt dan Deep Snow/Mud yang dapat diganti dalam satu sentuhan untuk meningkatkan kemampuan kendaraan di berbagai kondisi jalan.

    Kombinasi Symmetrical All-Wheel Drive dan X-Mode terbaru yang ada pada the all-new Subaru Forester menjanjikan “Enjoyment dan Peace of Mind” di semua kondisi jalan.

    BACA JUGA: Honda Civic Estilo: Old but Gold

    Subaru Forester generasi 5 (Foto: Subaru)

    Boxer Engine.

    Boxer dengan tata letak poros simetris 180° menghasilkan mesin yang seimbang, halus, dan minim getaran.

    Konfigurasi tersebut memungkinkan posisi mesin yang lebih rendah dan “ultra-low center of gravity” untuk pengendalian yang lebih stabil dan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

    Subaru Forester yang dipasarkan di Indonesia dilengkapi dengan satu pilihan mesin, Subaru FB20, Boxer Engine, 4-silinder, 2.0L Naturally Aspirated yang menghasilkan tenaga 156 ps @6000 rpm dan torsi hingga 196 Nm @4000rpm.

    Mesin tersebut menggunakan transmisi Lineartronic CVT 7-percepatan dan Active Torque Split AWD untuk penyaluran tenaga yang halus dan merata di semua putaran dan kondisi jalan.

    Perpindahan gigi juga dapat dilakukan secara manual melalui paddle shift pada lingkar setir. Kombinasi mesin dan transmisi ini tawarkan keseimbangan antara performa dan konsumsi bahan bakar.

    Subaru EyeSight

    Subaru EyeSight adalah Advanced Safety Equipment yang telah dikembangkan lebih dari 30 tahun oleh Subaru dengan prinsip bantuan dua mata tambahan untuk driver.

    Fitur Subaru EyeSight yang terpasang di Subaru Forester model year 2022 ini telah mendapat penyempurnaan paling mutakhir dan memasuki generasi ke-4.

    Subaru Forester 2.0i-S EyeSight dilengkapi dengan beberapa fitur kunci Subaru EyeSight, seperti Adaptive Cruise Control yang dapat mengikuti kecepatan mobil di depan anda sesuai dengan input kecepatan maksimal, Pre-Collision Braking, Pre-Collision Throttle management untuk mengurangi potensi insiden.

    FOTO: Wujud Suzuki Smart Hybrid Diboyong Ertiga

    Terdapat juga Lead vehicle start alert yang membantu kita mengikuti mobil depan saat di lampu lalu lintas, Lane departure warning, Lane sway warming, serta Lane keep assist yang memastikan mobil dalam jalur yang benar dan Subaru Rear-vehicle detection (RSVD) yang meminimalisir resiko di sisi blindspot.

    Eksterior

    Subaru Forester generasi 5 di bagian eksterior menggunakan filosofi desain Subaru “Dynamic x Solid”, dengan desain fascia depan baru, desain bumper depan X dan desain lampu depan dengan motif daytime running light baru, serta projector LED dengan Adaptive Driving Beam (ADB) dan Steering Responsive Headlight (SRH).

    Di bagian depan juga terdapat underguard yang menyatu dengan under-body flat panel. Untuk bagian samping terdapat dua garis body di samping dan empat garis fender yang kokoh.

    Di bagian belakang lampu desain C-shape dipertahankan. Untuk di bagian atas terdapat roof rail untuk mendukung kegiatan outdoor.

    SUV ini punya ground clearance 220mm, kemudian pada kaki-kaki Subaru Forester 2.0i-L memakai velg 17 inch alloy-wheels, two-tone black & silver dengan ukuran ban 255/65/17.

    Sedangkan kaki-kaki Subaru Forester 2.0i-S EyeSight mendapat velg 18 inch alloy-wheels, 5-spoke, diamond-cut finish & piano black, dengan ukuran ban 225/55/18.

    Pintu bagasi sudah pakai fitur Power rear gate. Kemudian, mobil ini menawarkan 8 warna, yakni Horizon Blue Pearl, Crystal Black Silica, Crimson Red Pearl, Crystal White Pearl, Magnetite Gray Metallic, Autumn Green Metallic, Ice Silver Metallic, dan Brilliant Bronze Metallic.

    Subaru Forester generasi 5 (Foto: Subaru)

    Interior

    Subaru Forester generasi 5 memakai material dan built quality khas Monozukuri craftmanship dari Jepang.

    Setir center-spoke terdapat tombol-tombol untuk mengoperasikan Subaru EyeSight (Adaptive Cruise Control), Infotainment, dan Subaru Intelligent Drive, untuk moda berkendara Intelligent Mode dan Sports Mode, serta paddle shift.

    Terdapat sistem infotainment dengan layar sentuh 8-inch dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto menjadi standart untuk semua variant. Instrument cluster hadir dengan dua dial dan satu layar LED untuk informasi yang interaktif

    Layar kedua di center console menampilkan informasi lebih lengkap seperti; konsumsi bahan bakar, temperatur, OFF-ROAD display, Subaru EyeSight, dan Kompas.

    Subaru Forester generasi 5 (Foto: Subaru)

    Bangku depan seluruh varian sudah dilengkapi dengan Electric seat dengan memory function. Kemudian bangku belakang dilengkapi hand-rest, cup-holder, dan dapat direbahkan sesuai kebutuhan.

    Kapasitas bagasi mencapai 500 liter dan dapat diperluas hingga 1.740 liter dengan meratakan baris kedua.

    Fitur interior khusus untuk varian 2.0i-S EyeSight memakai material interior didominasi soft touch panel dan genuine nappa leather, sistem audio by Harman/Kardon 9-speaker, 576 watt, dan power sunroof.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini