icon-category Gadget

Daftar HP Rp3 Jutaan Spek Paling Oke buat Kado Tahun Baru

Bagikan :

Uzone.id - Salah satu hal yang dinantikan saat merayakan Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2024) adalah momen tukar kado bersama keluarga atau orang-orang terdekat, entah itu orang tua, adik, anak, keponakan, dan lainnya. Kalau alokasi bujet buat kado agak melar sampai Rp3 jutaan, nih kami kasih rekomendasi HP yang bagus buat kado akhir tahun.

Buat kado, apalagi momen setahun sekali seperti Nataru 2024, baiknya kasih yang berkesan. Gak perlu mahal-mahal, tapi berguna untuk dipakai jangka panjang, seperti daftar smartphone harga Rp3 jutaan yang tim Uzone.id rekomendasikan berikut ini.

Daftar HP Rp3 jutaan berikut ini punya desain yang bagus, mengusung spesifikasi terbaik di kelasnya, dan memiliki fitur serta build quality yang bisa diandalkan untuk pemakaian jangka panjang. 

Biar gak penasaran, berikut daftar lengkapnya, Uzoners!

Infinix GT 10 Pro

alt-img

Daftar pertama, Infinix GT 10 Pro yang harganya Rp3,4 jutaan saja. Smartphone ini masuk ke segmen ponsel gaming, sehingga desainnya agak tak biasa dibanding HP Rp3 jutaan lainnya.

Infinix GT 10 Pro tampil dengan desain ala sci-fi cyberpunk, pilihan warnanya pun variatif. Ada dua warna, Cyber Black dan Mirage Silver, dimana semua warnanya memberikan kesan transparan yang seolah menampilkan komponen di bagian dalamnya.

Menariknya, ada indikator LED yang dapat menyala dan diatur ritmenya melalui fitur khusus bernama Backlight Effect.

Ponsel ini punya layar AMOLED seluas 6,67 inci dengan resolusi Full HD+. Sudah mendukung refresh rate sampai 120Hz, touch sampling rate hingga 360Hz, intensitas cahaya hingga 900 nits, kedalaman warna 10-bit alias 1 miliar warna, hingga in-display fingerprint.

Smartphone ini ditopang oleh prosesor MediaTek Dimensity 8050 5G yang telah dioptimalkan untuk kebutuhan gaming, disandingkan dengan RAM LPDDR4X dengan besaran 8 GB yang bisa ditambah secara virtual sebesar 8 GB dan media penyimpanan UFS 3.1 sebesar 256 GB yang bisa ditambah dengan microSD hingga 1 TB.

Infinix GT 10 Pro ditopang baterai 5.000 mAh yang dapat diisi menggunakan fast charging 45W. Pengisian baterainya mendukung USB Power Delivery 3.0 juga.

Infinix GT 10 Pro dibekali kamera 108 MP yang disandingkan dengan sepasang kamera 2 MP, sementara di depan ada kamera selfie 32 MP.

Poco X5 Pro

alt-img

Berikutnya, Poco X5 Pro yang dibanderol Rp3,7 jutaan di toko online. Smartphone ini juga tak kalah menarik, lantaran dikemas secara ringkas dan disematkan spesifikasi mumpuni untuk menunjang aktivitas gaming, cocok nih jadi hadiah naik kelas buat anak, atau kado akhir tahun untuk keponakan maupun adik.

Poco X5 Pro menampilkan panel AMOLED seluas 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ yang telah dilengkapi dengan fitur seperti refresh rate 120Hz, touch sampling rate 240Hz, cakupan warna 100% DCI-P3, hingga intensitas cahaya sampai 900 nits. 

Dapur pacu ponsel ini juga ngebut berkat prosesor Snapdragon 778G yang membuatnya otomatis mendukung jaringan 5G. Untuk harga Rp3,7 jutaan sendiri berlaku untuk RAM 6 GB dengan media penyimpanan 128 GB.

Soal baterai, badak lho. Kapasitasnya 5.000 mAh yang didukung fast charging 67W. 

Poco X5 Pro sudah dibekali kamera utama dengan sensor 108 MP. Kamera ini dipasangkan dengan lensa ultrawide dengan sensor 8 MP dan kamera makro bersensor 2 MP. Di depan, ada kamera selfie 16 MP.

Infinix Zero 30

alt-img

Kapan lagi ponsel Rp3 jutaan tampilan layarnya melengkung di tepian kiri dan kanan. Belum lagi, bodi belakangnya yang terbuat dari kulit vegan, ya inilah Infinix Zero 30.

Infinix Zero 30 di Indonesia dijual dengan harga Rp3.099.000. Ponsel ini punya layar 3D Curved AMOLED seluas 6,78 inci dengan resolusi Full HD+ dan mendukung refresh rate 120Hz. 

Berkat desain layarnya yang melengkung, otomatis ponsel ini menyuguhkan bezel tipis dengan rasio mencapai 93,7 persen, visualisasi dijamin puas. Belum lagi intensitas cahaya mencapai 950 nits yang cukup terang untuk pemakaian luar ruangan.

Infinix Zero 30 ditenagai prosesor MediaTek Helio G99 yang lumrah dipakai ponsel di segmen ini. Dikombinasikan dengan baterai 5.000 mAh yang mendukung fast charging 45W, membuatnya bisa diandalkan untuk pemakaian harian.

Karena ditujukan buat ‘si tukang ngonten’, cocok nih buat saudara kalian yang memang suka bikin konten-konten menarik saat kumpul keluarga. Sebab, Infinix Zero 30 dibekali kamera depan 50 MP yang bisa merekam video hingga resolusi 2K pada 30 FPS. 

Kamera depan ini menawarkan fitur PDAF alias phase detection autofocus, jadi pengambilan gambarnya lebih jernih dengan detail yang tajam. 

Sementara untuk kamera belakangnya, ada tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 108 MP yang dipasangkan dengan dua kamera sekunder 2 MP. 

Vivo Y36 5G

alt-img

Vivo gak melulu identik dengan ponsel harga Rp5 jutaan, pabrikan asal China ini juga rilis HP harga Rp3 jutaan dengan spesifikasi oke punya. Vivo Y36 5G misalnya, desainnya cakep, speknya bagus, kameranya juga tak kalah dengan pesaingnya.

Vivo Y36 menarik buat dilirik, karena ponsel ini dibuat menggunakan material kaca yang dilapisi dua opsi warna, Crystal Green dan Mystic Black. Jarang-jarang ponsel di harga segini mengusung bodi kaca.

Layarnya memang masih IPS LCD, tapi luas dan beresolusi tinggi. Bentangannya mencapai 6,64 inci Full HD+ yang menawarkan fitur refresh rate sampai 90Hz.

Ponsel ini dibekali prosesor 5G MediaTek Dimensity 6020, ponsel ini diklaim bakal memberikan kinerja lebih kuat dan mulus, RAM 8 GB, memori 256 GB, serta baterai 5.000 mAh yang mendukung 44W FlashCharge.

Vivo Y36 5G membawa sepasang kamera belakang dan satu kamera depan. Konfigurasinya, kamera utama 50 MP dengan kamera pendukung 2 MP. Sementara di depan, ada kamera selfie 16 MP.

Buat harganya, Vivo Y36 5G bisa kalian beli dengan harga Rp3,4 jutaan atau turun Rp500 ribu dari harga rilisnya.

Realme 11

alt-img

Number series dari Realme juga ada yang harganya Rp3 jutaan, yakni Realme 11 4G. Ponsel ini desainnya beda dengan Realme 11 Pro ataupun 11 Pro+. 

Bukan menggunakan material vegan leather, Realme 11 justru mengusung bodi polikarbonat dengan finishing seperti kaca. Pilihan warnanya ada dua, Glory Gold yang menyuguhkan efek gradasi dan pantulan cahaya, serta Dark Glory yang dibuat matte nan elegan.

Bingkai kameranya juga dibuat mewah, walau harganya Rp3 jutaan doang. Realme mengklaim, inspirasi desain ponsel menengahnya didapat dari jam tangan mewah yang harganya berkali-kali lipat dari ponsel ini.

Realme 11 mengusung layar Super AMOLED seluas 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Layar ini sudah mendukung refresh rate 90Hz, intensitas cahaya sampai 1.000 nits, dan telah dilapisi Gorilla Glass 5.

Ponsel ini ditenagai ‘prosesor sejuta umat’, yakni MediaTek Helio G99 yang disandingkan dengan RAM LPDDR4X 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB. Buat baterai, Realme 11 disokong oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fitur SuperVOOC 67W.

Kamera utamanya menggunakan sensor 108 MP dan disandingkan dengan kamera depth 2 MP. Di depan, ada kamera 16 MP yang diletakkan pada sudut kiri atas layarnya.

iQOO Z7 5G

alt-img

Berikutnya iQOO Z7 5G yang dibanderol Rp3,7 jutaan di Indonesia. Ponsel ini menawarkan spek kencang, bisa dibilang andal banget buat menunjang aktivitas gaming penggunanya.

Daya gedornya berupa Snapdragon 782G yang menyuguhkan clock-speed sampai 2,7 GHz. Dilengkapi juga RAM 8 GB dengan ruang penyimpanan sampai 256 GB, kemudian baterai 5.000 mAh yang bisa dicas pakai adaptor 120W.

Ponsel ini mengusung layar seluas 6,64 inci dengan jenis IPS LCD. Resolusi layarnya Full HD+ dengan aspek rasio 19,9:9, dan sudah mendukung refresh rate 120Hz serta HDR10 dengan cakupan warna DCI-P3 100%.

Bagian kamera tak kalah menarik. iQOO Z7 5G membawa kamera utama 64 MP yang didukung OIS dan kamera 2 MP depth. Di depan, disematkan kamera selfie 16 MP pada lubang kamera pada layarnya.

Redmi Note 12 Pro

alt-img

Dijual dengan harga mulai Rp3,3 jutaan, Redmi Note 12 Pro juga cocok kalian jadikan sebagai kado akhir tahun untuk orang-orang terdekat. 

Redmi Note 12 Pro yang masuk ke dalam rekomendasi kami hanya memiliki spesifikasi 4G LTE. Meski demikian, speknya menarik untuk kelasnya, seperti layar AMOLED sampai kamera beresolusi tinggi.

Redmi Note 12 Pro 4G punya layar AMOLED berukuran 6,67 inci dengan resolusi Full HD+, plus ada fitur refresh rate 120Hz. Aspek rasionya 20:9 yang lumayan sinematik, plus adanya lubang kamera sebagai tempat bagi kamera selfie 16 MP.

Kamera belakangnya ada empat, terdiri dari kamera utama dengan sensor 108 MP, kamera ultrawide-nya 8 MP, dan disertakan sepasang kamera makro dan depth dengan sensor masing-masing 2 MP. 

Dapur pacunya juga kencang, yakni Snapdragon 732G dan disokong oleh baterai 5.000 mAh, dimana fast charging ponsel ini sudah 67W.

Samsung Galaxy A24

alt-img

HP Rp3 jutaan lainnya adalah Samsung Galaxy A24 yang dibekali kamera utama berteknologi OIS. Ponsel ini jadi terjangkau bila kalian merasa harga Samsung Galaxy A54 dan Galaxy A34 agak mahal.

Smartphone ini mengusung layar Super AMOLED seluas 6,5 inci dengan detail dan visibilitas yang lebih baik karena sudah beresolusi Full HD+. Kualitas Super AMOLED dari Samsung langsung terasa saat menggunakannya, apalagi intensitas cahaya ponsel ini mencapai 1.000 nits.

Oiya, layarnya sudah 90Hz, jadi lebih smooth saat scrolling atau sekadar main game kasual. 

Kamera jadi kelebihan utama dari Samsung Galaxy A24. Ponsel ini dilengkapi kamera dengan sensor 50 MP yang sudah didukung OIS, berpadu dengan lensa ultrawide 5 MP, makro 2 MP, dan kamera selfie 13 MP.

Buat dapur pacunya, Samsung Galaxy A24 yang kini harganya Rp3,4 jutaan ini ditenagai MediaTek Helio G99, RAM 8 GB, memori penyimpanan 128 GB, serta baterai 5.000 mAh dengan fast charging 25W.

Oppo A78 5G

alt-img

Tak ketinggalan dari Oppo, yakni Oppo A78 5G. Ponsel ini di Indonesia harganya bervariasi, ada yang jual Rp3,1 juta ada pula Rp3,4 jutaan, tergantung ‘bundling’ yang ditawarkan.

Oppo A78 5G dikemas dengan desain yang ringkas. Ponsel ini cuma setebal 7,99mm dengan berat 188 gram, memudahkan pengguna untuk menggunakannya dengan satu tangan saja. 

Layarnya agak ketinggalan dibanding ponsel lain di kelasnya, yakni cuma IPS LCD seluas 6,56 inci. Tapi refresh rate-nya sudah 90Hz, cocok lah buat pemakaian sehari-hari.

Oppo A78 5G sudah ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 700, dipadukan dengan RAM 8 GB, memori internal 128 GB, serta baterai 5.000 mAh dengan dukungan 33W SuperVOOC.

Oppo A78 5G mengusung kamera dengan sensor 50 MP yang bisa menangkap gambar beresolusi 108 MP. Lewat fitur 108 MP Ultra-Clear Image, hasil foto 50 MP akan di-upscale tanpa mengurangi detail dan kualitas warna gambar.

Kemudian, kamera ini dipasangkan dengan kamera portrait 2 MP dan kamera depan 8 MP.  

Tecno Camon 20 Pro 5G

alt-img

Last but not least, ada Tecno Camon 20 Pro 5G, smartphone yang mengusung bodi bermaterial kulit vegan, mirip-mirip Infinix Zero 30. Desain ponsel ini beda dari yang lain, karena mengadopsi tekstur magic skin yang menjanjikan efek warna yang bergaya dan bebas jejak sidik jari.

Ditambah, layarnya yang cukup bezel-less dengan tiap sisi layar yang simetris. Layarnya sendiri berjenis AMOLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ dan sudah mendukung refresh rate 120Hz.

Fitur in-display fingerprint sudah dihadirkan, responnya juga cepat. 

Tecno Camon 20 Pro 5G ditopang oleh prosesor MediaTek Dimensity 8050 yang disandingkan dengan RAM 8 GB, penyimpanan internal 256 GB, serta ditopang baterai 5.000 mAh yang dapat diisi dengan cukup singkat berkat fast charging 33W.

Kameranya juga jadi salah satu kelebihan utama, karena punya sensor 64 MP dengan fitur OIS, kemudian dipasangkan dengan dua kamera 2 MP berlensa makro dan depth. Di depan, kamera selfie 32 MP.

Itu dia rekomendasi HP Rp3 jutaan yang cocok buat dijadikan kado akhir tahun. Mana nih yang menurut kalian paling oke?

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini