icon-category Gadget

Daftar HP Samsung yang Dapat Galaxy AI, Ini Cara dan Jadwal Update-nya

Bagikan :

Uzone.id - Samsung mengumumkan ketersediaan Galaxy AI di beberapa smartphone dan tablet flagship di Indonesia. Fitur ini akan hadir bersamaan dengan update One UI 6.1 berbasis Android 14 mulai hari ini (28/3).

“Samsung memiliki visi besar dalam memperluas penggunaan Galaxy AI di kehidupan sehari-hari konsumennya. Kami perluas ke Samsung Galaxy smartphone lainnya,” jelas Lo Khing Seng, Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia.

Adapun smartphone dan tablet Samsung yang kebagian update One UI 6.1 dengan Galaxy AI antara lain:

- Samsung Galaxy S23

- Samsung Galaxy S23+

- Samsung Galaxy S23 Ultra

- Samsung Galaxy S23 FE

- Samsung Galaxy Z Flip5

- Samsung Galaxy Z Fold5

- Samsung Galaxy Tab S9 (5G)

- Samsung Galaxy Tab S9 (WiFi)

Jadwal dan cara update

Trio Samsung Galaxy S23, Galaxy S23+, dan Galaxy S23 Ultra langsung mendapatkan update ke One UI 6.1 dengan fitur Galaxy AI mulai 28 Maret 2024. 

Kemudian diikuti Samsung Galaxy Z Fold5 dan Z Galaxy Flip5 pada 1 April 2024. Nah, giliran Samsung Galaxy S23 FE dan Galaxy Tab S9 Seriers akan mendapatkan update ke One UI 6.1 dengan fitur Galaxy AI pada 4 April 2024.

Untuk melakukan update, kalian bisa lakukan cara berikut ini:

  1. Buka Settings atau pengaturan
  2. Kemudian pilih Software Update
  3. Tunggu beberapa saat, jika ada pembaruan, maka klik Download and Install.

Setelah melakukan pembaruan software, maka fitur-fitur Galaxy AI bisa kalian gunakan untuk menunjang produktivitas keseharian yang lebih mudah, menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan lebih cepat, hingga mengekspresikan kreativitas dengan lebih banyak cara.

Fitur-fitur utama Galaxy AI

alt-img

Sejumlah fitur Galaxy AI bisa kalian coba, semisal Photo Assist yang memudahkan untuk edit foto dan bikin konten yang keren dalam sekejap. Photo Assist terdiri dari fitur-fitur canggih seperti Edit Suggestion yang mampu menyempurnakan foto atau video lewat saran editing berbasis AI. 

Lalu, Generative Edit dengan fungsi Background Filling untuk bikin foto yang miring menjadi lebih proporsional tanpa cropping atau memindahkan objek dengan hasil editing yang smooth.

Yang paling dinantikan, Circle to Search dari Google. Fitur ini membuat pencarian online jadi jauh lebih mudah tanpa repot mengetik kata kunci. Dengan Circle to Search, cukup lingkari tempat hangout yang lagi happening di media sosial, dan bisa kalian kunjungi bersama teman-teman. 

Fitur lainnya, ada Note Assist, Transcript Assist, dan Web Assist, dimana ketiganya dapat menyusun transkrip hasil interview dari survey atau rangkuman dari situs yang sedang dibaca secara otomatis dalam sekejap.

Dilengkapi dengan Galaxy Buds2 Pro, Galaxy Buds2, dan Galaxy Buds FE yang sudah mendukung fitur Live Translate, Galaxy AI juga dapat bekerja maksimal saat di-pairing ke Galaxy S23 series, S23 FE, Z Flip5, Z Fold5, dan Tab S9 (5G) series. 

Ketika sedang menelepon, Galaxy Buds FE akan membantu pengguna bercakap dengan partner bisnis atau pengajar berbahasa asing sambil membaca hasil terjemahan dari lawan bicaranya di layar perangkat. 

Walaupun lawan bicara tidak menggunakan smartphone atau bukan Android smartphone, Live Translate dan Chat Assist sangat membantu saat harus berkomunikasi lintas bahasa. Lengkap dengan 13 bahasa yang tersedia, komunikasi dengan bahasa asing pun jadi lebih lancar dengan Live Translate.

“Ekspansi ke lebih banyak perangkat tak hanya membawa pengalaman baru ke lebih banyak pengguna, tapi juga menegaskan komitmen Samsung untuk mentransformasi penerapan AI di perangkat mobile melalui terobosan-terobosan yang bermakna,” pungkas Khing Seng.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini