icon-category Gadget

Dari AOD Sampai Gaming, Fitur Realme UI 4.0 Oke Punya

Uzone.id - Realme UI 3.0 berbasis Android 13 memang sudah digulirkan untuk beberapa tipe smartphone Realme, termasuk seri flagship GT 2 Pro. Namun, Realme tiba-tiba menyebarkan pembaruan ke Realme UI 4.0 pada 8 Desember mendatang.

Realme UI 4.0 pertama kali disematkan pada duo Realme 10 Pro dan 10 Pro+ yang juga akan diluncurkan pada 8 Desember nanti di pasar global. 

Lebih baik dari sebelumnya, UI dari Realme ini lebih intuitif, dimana informasi penting yang harus dilihat pengguna memang ditonjolkan dalam widget berbentuk card atau kartu. Terus apa fitur baru yang dibawa Realme UI 4.0 berbasis Android 13 ini?

Baca juga: Sengebut Apa Ngecas Baterai Realme GT Neo 5?

"Kami secara resmi meluncurkan realme UI 4.0 dengan Realme 10 Pro Series kami yang akan datang. Sistem operasi baru bertujuan untuk meningkatkan 4 area penting - desain, interaksi, fluiditas, & keamanan untuk memastikan pengalaman pengguna yang mulus," jelas VP of Realme, Madhav Sheth.

Always-on Display (AOD) menjadi salah satu fitur yang ditingkatkan fungsinya. Bukan cuma menampilkan jam atau notifikasi terpilih saja, AOD di Realme UI 4.0 lebih interaktif dengan beberapa pilihan animasi dan rekomendasi yang disesuaikan dengan penggunanya.

Realme UI 4.0 pun mengusung Dynamic Computing Engine generasi terbaru, yang katanya sih bisa meningkatkan performa ponsel hingga 10 persen. Jadi fitur ini dipersiapkan buat para gamer, karena baterai ponsel bakal lebih awet 4,7 persen dan perangkat tidak mudah overheat.

Baca juga: Realme 10 Pro+ Debut Global 8 Desember, Indonesia Juga?

Ada juga fitur Private Safe yang mampu melindungi data pribadi pengguna lewat enkripsi berlapis. Kemudian terdapat fitur Auto Pixelate yang secara otomatis mendeteksi informasi sensitif dalam gambar, kemudian menganonimkannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Masih belum diketahui ponsel apa saja yang mendapatkan update ke Realme UI 4.0 berbasis Android 13 selain Realme 10 Pro dan 10 Pro+. Sebab, Realme juga masih dalam proses penyebaran Realme UI 3.0 dengan basis Android yang sama. 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini