icon-category Gadget

Spesifikasi M2 Pro dan M2 Max, Chipset Terkencang Apple Saat Ini

Ilustrasi MacBook Pro dengan prosesor M2 Pro atau M2 Max (Foto: Austin Poon/Unsplash)

Uzone.id - Versi lebih kencang dari chipset M2 yang diperkenalkan pada Juni tahun lalu, resmi dirilis bersamaan dengan Apple MacBook Pro seri terbaru. Ada dua prosesor yang diluncurkan, yakni Apple M2 Pro dan M2 Max dengan spesifikasi dan konfigurasi yang berbeda.

Berbeda dengan Apple M2 yang membawa satu konfigurasi saja, yakni 8-core CPU dan 10-core GPU, M2 Pro dan M2 Max mengusung dua variasi CPU dan GPU. 

Keduanya memiliki lebih banyak core pada CPU dan kartu grafis, juga mendukung lebih banyak memori ketimbang seri standar maupun generasi sebelumnya. 

“Hanya Apple yang membuat SoC (system on chip) seperti M2 Pro dan M2 Max. Mereka memberikan kinerja profesional yang luat biasa bersama dengan efisiensi daya terdepat,” ucap Johny Srouji, Apple Senior VP of hardware Technologies.

Apple M2 Pro dibangun menggunakan arsitektur 5nm dan memiliki total 40 miliar transistor, atau 20 persen lebih banyak dari M1 Pro.

Baca juga: Apple MacBook Pro Pakai Chip M2 Pro dan M2 Max, Harga Mulai Rp30 Jutaan

Prosesor ini memiliki 10-core CPU dengan 12-core GPU untuk model reguler, dan 12-core CPU dengan 19-core GPU untuk varian tertingginya. Adapun untuk konfigurasi CPU-nya, terbari menjadi 6-core atau 8-core performance-core, dan 4 sisanya adalah efficiency-core

Prosesor ini mendukung unified memory sampai 32 GB dengan bandwidth sampai 200 GB/s. Dari pengujian internal Apple, kekuatan CPU dari M2 Pro lebih kencang 20 persen ketimbang M1 Pro, dan performa GPU-nya pun lebih kuat 30 persen.

Sementara Apple M2 Max, lebih pintar lagi dengan 67 miliar transistor di dalamnya. Prosesor ini membawa CPU 12-core dengan dua jenis GPU, yakni 30-core dan 38-core atau dua kali lipat lebih powerful ketimbang M2 Pro.

Dukungan unified memory dari M2 Max sampai 96 GB dengan bandwidth mencapai 400 GB/s, yang lagi-lagi jauh di atas M2 maupun M2 Pro sekalipun.

Baca juga: Teknologi MagSafe Apple Bakal Dicontek Android?

“Dengan CPU dan GPU yang lebih bertenaga, dukungan untuk sistem unified memory yang lebih besar, dan mesin media yang canggih, M2 Pro dan M2 Max mewakili kemajuan menakjubkan dalam Apple Silicon,” terang Johny.

Baik Apple M2 Pro dan M2 Max sama-sama dilengkapi chip Neural Engine 16-core yang dapat mengatasi 15,8 TOPS (Trillions Operations per Second), atau 40 persen lebih cepat dari generasi terdahulu.

Chipset ini juga sudah dibekali dengan encode dan decode video built-in dan engine ProRes. Itu berarti, perangkat dengan prosesor M2 Pro atau M2 Max dapat memproses video 4K maupun 8K menggunakan fitur ProRes, HEVC, dan berformat H.264.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini