home ×
Digilife

Deddy Corbuzier dan Dewa Kipas Bikin Podcast, Pecatur Wanita Ini Protes

16 March 2021 By
Deddy Corbuzier dan Dewa Kipas Bikin Podcast, Pecatur Wanita Ini Protes
Share
Share
Share
Share

Dewa Kipas alias Dadang Subur (kanan) (Foto: Tangkapan layar YouTube Deddy Corbuzier)

Uzone.id - Irene Karisma Sukandar, Grandmaster Wanita Catur Indonesia, membuat surat terbuka kepada Deddy Corbuzier, melalui akun Instagram @irene_sukandar pada Minggu (14/3/2021).

Irene melayangkan surat terbuka setelah Deddy melakukan podcast dengan Dewa Kipas. Adapun inti dari surat yang disampaikan Irene merupakan bentuk keprihatinan dia sebagai grandmaster catur melihat kasus yang terjadi antara Dewa Kipas (Dadang Subur) dengan GothamChess (Levy Rozman) asal Amerika Serikat. 

BACA JUGA: Xiaomi Menang, Pengadilan AS Batalkan Pembatasan Investasi

 

Dear Deddy Corbuzier,

Ini adalah surat terbuka untuk mengungkapkan kegundahan hati saya akan kasus yang belakangan ini ramai dibicarakan di dunia catur, olahraga otak yang sudah saya tekuni lebih dari 20 tahun.

Saya tidak menyangka bahwa pemberitaan tentang GothamChess dan Dewa_Kipas akan sebesar ini.

Di satu sisi, tentu segala bentuk publikasi akan catur adalah suatu keuntungan bagi para insannya.

Tapi saya selalu memegang nilai-nilai kebenaran, jujur dan ksatria seperti makna permainan catur, dan kita, saya san Mas Deddy, sebagai public figure yang bisa membentuk opini masyarakat harus bersama-sama memberitakan berita yang benar untuk membangun karakter bangsa ini dan nilai-nilai kejujuran.

Instagram @irene_sukandar

Kejadian ini sudah merugikan banyak pihak dan kepopuleran yang didapat tidak sebanding dengan rasa malu saya dan teman-teman pecatur profesional lainnya di mata dunia percaturan internasional.

Seakan-akan citra positif dan prestasi yang kami bangun susah payah untuk Tanah Air, Indonesia yang sangat saya cintai ini sirna karena dampak negatif dari pemberitaan yang berkembang.

Jikalau mas Deddy berkenan, mari luruskan hal ini agar tidak berimbas terlalu dalam bagi kami patriot-patriot catur Indonesia.

Salam,
Irene Karisma Sukandar
Grandmaster Wanita Catur Indonesia.

Tembusan
1. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora)
2. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)
3. Komite Olahraga Indonesia (KOI)
4. Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi)

Bak gayung bersambut, surat terbuka ini pun sudah direspon positif oleh Deddy. Irene memberitahu netizen kalau dirinya diundang oleh Deddy untuk melakukan podcast pada Rabu (17/3).

"Surat terbuka saya sudah direspon oleh pihak Deddy Corbuzier dan Rabu ini saya diundang ke podcast beliau guna membahas surat tersebut. Terima kasih atas dukungan teman-teman semua," Irene menyampaikannya lewat insta story. 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article