home ×
Digilife

Demi Keselamatan Kurir, Amazon Andalkan AI di Armada Pengirimannya

05 February 2021 By
Demi Keselamatan Kurir, Amazon Andalkan AI di Armada Pengirimannya
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Amazon, situs jual beli terbesar di Amerika Serikat, berencana menerapkan kamera berbasis artificial intelligence (AI) di armada pengirimannya. Tujuan pengawasan ini untuk meningkatkan keamanan kurir.

Seperti dikutip Uzone.id dari Reuters, kamera ini mengandalkan machine learning untuk mendeteksi perilaku yang terlihat kurang aman saat menyetir.

Sebagai contoh, apabila pengemudi ngebut atau terlihat tidak fokus menyetir, maka akan terdapat peringatan verbal. Simulasi dari sistem ini pertama kali ditampilkan di The Information.

Baca juga: Mengenal Andy Jassy, Calon Bos Baru Amazon Pengganti Jeff Bezos

Terdapat empat kamera yang akan dipasang di tiap kendaraan kurir: satu dashcam yang mengarah ke depan, satu kamera pada tiap sisi kendaraan, dan satu kamera yang mengarah ke tempat duduk pengemudi.

Karolina Haraldsdottir, manajer senior departemen keamanan last-mile Amazon dalam video simulasi tersebut mengatakan bahwa tidak ada orang yang akan memantau rekaman pengemudi secara live (atau langsung).

Akan tetapi, video akan diunggah apabila sang pengemudi sengaja mengunggah atau berada dalam situasi keselamatan tertentu.

Baca juga: Sebelum Mundur dari Amazon, Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia

Haraldsdottir juga menjelaskan kalau pengemudi hanya dapat mematikan kamera apabila mesin kendaraan benar-benar mati. Kamera pada sisi kendaraan akan tetap menyala selama 20 menit untuk merekam apabila terjadi pencurian paket, pengemudi yang cedera, atau tabrakan dari kendaraan lainnya.

“Tujuan kami untuk teknologi ini adalah demi keselamatan dan kesuksesan pengemudi dalam melakukan pekerjaannya. Kita menyediakan dukungan agar keselamatan pengemudi terjaga dan dapat memantau kecelakaan yang bisa terjadi kapan saja” ujar Haraldsdottir, seperti dikutip Uzone.id dari CNET.

VIDEO: Review Samsung Galaxy A02s Seharga Rp2Juta

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article