icon-category Digilife

Demi Twitter, Elon Musk Korbankan Saham Tesla Senilai Rp123 Triliun

  • 01 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Ravi Sharma/Unsplash

    Uzone.id - Elon Musk sepertinya serius banget untuk terjun dan fokus ke perusahaan yang baru ia beli, Twitter.

    Pasalnya, salah satu orang terkaya di dunia tersebut rela menjual saham Tesla setelah transaksi besarnya untuk platform burung biru ini. Tak tanggung-tanggung, Musk menjualnya dalam jumlah yang cukup besar, yakni senilai USD8,4 miliar atau Rp123 Triliun.

    Diketahui, CEO Tesla dan SpaceX ini melepas sekitar 4,4 juta saham perusahaan kendaraan listriknya pada hari Selasa dan Rabu, 26 dan 27 April 2022 lalu. Kemudian mengajukan penjualan kembali pada Jumat selanjutnya sekitar 5,2 juta saham.

    Baca juga: 'Diplomasi' Permen Kopiko ala Menteri Luhut saat Temui Elon Musk

    Akibat pengumuman penjualan saham ini, saham Tesla merosot hingga 12 persen di hari yang sama. Namun pada penjualan kedua pada Jumat, naik sekitar 2,5 persen.

    Musk pun membuat cuitan di Twitter terkait hal ini, ia mengatakan bahwa takkan ada penjualan TSLA lebih lanjut setelah ini.

    Musk sendiri telah berhasil mendapatkan Twitter dengan bayaran sekitar USD44 Miliar atau sekitar Rp639 Triliun. Ia bahkan rela berhutang sebesar USD22,5 miliar, termasuk USD12,5 miliar pinjaman terhadap saham Tesla miliknya.

    Twitter memang menerima tawaran ini, tapi kesepakatannya masih butuh persetujuan para pemegang saham dan juga regulator. 

    Baca juga: Elon Musk Resmi Pinang Twitter dengan Mahar Rp635 Triliun

    Sebagai syarat pembelian, Musk harus membayar sekitar USD1 Miliar pada Twitter apabila gagal mendapat cukup dana untuk kesepakatan pembelian media sosial ini, dikutip dari CNBC, Minggu, (01/05/2022).

    Di sisi lain, Twitter juga harus membayar USD1 Miliar pada Musk apabila para pemegang saham menolak kesepakatan mereka.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini