icon-category Digilife

Deretan Aplikasi yang Permudah Aktivitas Saat Ada Aksi Demo

  • 06 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Unsplash

    Uzone.id – Aksi demo kenaikan BBM yang terjadi hari ini, Selasa, 6 September 2022 ini banyak menyita perhatian masyarakat. Pembahasan “demo” bahkan masuk jajaran Trending Topic di jagat Twitter.

    Linimasa Twitter wilayah Indonesia sedang diramaikan oleh topik seputar “demo” yang digelar di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta. Hingga tulisan ini diterbitkan, ada lebih dari 85 ribu cuitan yang membahas soal demo BBM naik.

    Tentu dengan adanya aksi demo seperti ini berdampak pada terhambatnya mobilitas masyarakat lain. Mulai dari akses jalan yang ditutup, macetnya arus lalu lintas, transportasi umum yang diberhentikan, hingga akses internet yang tidak stabil.

    Baca juga: Aksi BBM Tolak Kenaikan Harga BBM Diikuti Ribuan Massa

    Ketika terjadi hal seperti ini, Uzoners dapat memanfaatkan beberapa aplikasi mobile yang bisa bantu mobilitas kita di tengah ramainya aksi demo agar terhindar dari macet. Simak beberapa di antaranya:

    Google Maps
    Seringkali tiap aksi demo dilakukan, beberapa jalan ditutup guna mengkondisikan jalannya demo. Nah, aplikasi Google Maps ini bisa bantu kamu untuk memantau jalan mana saja yang sedang ditutup dan titik mana saja yang jadi lokasi demo.

    Selain itu, Google Maps juga membantu kamu untuk memilih rute terbaik agar terhindar dari kemacetan di area demo.

    Waze
    Waze merupakan salah satu aplikasi navigator yang berfungsi untuk memberikan update informasi area lalu lintas sekitar secara real time. Mulai dari kondisi lalu lintas hingga peristiwa penting apa yang terjadi di jalan raya, semuanya bisa terpantau melalui aplikasi ini.

    Informasi real time ini tentu sangat membantu pengguna lain yang ingin bepergian atau akan melakukan aktivitas di tengah aksi demo yang sedang berlangsung.

    Twitter
    Aplikasi satu ini wajib kamu punya saat terjadi aksi unjuk rasa. Di sana, kamu akan mendapatkan update informasi dari beberapa akun Twitter baik dari media-media di Indonesia atau pengguna lain soal kondisi terkini di area demo.

    Kamu juga bisa langsung memantau dari fitur trending topic yang tersedia di Twitter. Di sana, akan banyak perkembangan informasi terbaru terkait topik tersebut.

    Baca juga: Curhatan Abang Ojol Terdampak Harga BBM yang Naik

    Aplikasi ojek online
    Saat ada aksi demo seperti demo kenaikan BBM hari ini, tidak menutup kemungkinan beberapa transportasi umum berhenti beroperasi akibat ditutupnya akses jalan raya.

    Misalnya, lokasi kerja kamu dekat dengan titik aksi demo dilangsungkan sehingga stasiun atau halte terdekat ditutup sementara. Tentu bagi masyarakat yang biasanya menggunakan transportasi umum, akan sangat berdampak akibat hal ini.

    Solusinya, kamu bisa menggunakan aplikasi ojek online seperti Gojek, Grab, Maxim, atau yang lain guna mempermudah mobilitas perjalanan kita. Kamu juga akan lebih aman dan terhindar dari macetnya jalan raya.

    Speedtest
    Saat aksi demo berlangsung, biasanya koneksi internet di sekitar lokasi akan mengalami down dan mendadak lelet. Hal ini tentu menghambat masyarakat yang ingin berkomunikasi baik secara chat atau telepon.

    Solusinya, jika ada aksi demo yang sedang berlangsung, kamu bisa menginstall aplikasi speedtest, bisa Internet Speedtest Meter, Speedtest by Ookla, dan lain sebagainya.

    Hal ini bertujuan untuk memantau berapa kecepatan koneksi internet kita di lokasi tersebut.

    Nah itu tadi beberapa aplikasi ponsel yang bisa bantu kamu memantau aksi demo yang terjadi di area sekitar.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini