icon-category Digilife

Deretan Promosi Online ala Marvel Studios yang Bikin Netizen Geger

  • 03 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Entertainment Tonight (ET)

    Uzone.id – Buat kalian pecinta Marvel, mungkin udah gak asing lagi sama kelakuan rumah produksi yang satu ini. Yup, apalagi kalau bukan cara mereka promosi film yang terasa ‘gak biasa’.

    Dianggap sering mempermainkan rasa penasaran penggemarnya, film-film besutan Marvel Cinematic Universe (MCU) punya cara tersendiri dalam mempromosikan karyanya. Baik melalui sang pemeran, atau cuitan penuh misteri di media sosial.

    Entah memang sudah jadi ‘ciri khas’ atau sekadar gimmick marketing, tetapi hampir setiap filmnya berhasil mendulang kesuksesan dengan total penjualan tiket yang tak sedikit.

    Baca juga: Ketika Dunia Diguncang dengan Bersatunya Deadpool dan Wolverine

    Melansir dari berbagai sumber, kedelapan film besutan MCU bahkan sukses menjual tiket hingga USD1 miliar atau setara dengan Rp15 triliun. Delapan film yang dimaksud adalah 'Captain Marvel', 'Captain America: Civil War', 'Iron Man 3', 'Avengers: Endgame', 'Black Panther', 'Avengers: Age of Ultron', 'The Avengers', dan 'Avengers: Infinity War'.

    Oleh karena itu, ketika Marvel mengunggah sesuatu di kanal media sosialnya tak jarang banyak netizen yang geger. Berikut kami rangkum beberapa promosi online ‘ala’ Marvel yang bikin netizen sedunia heboh, check it out!

    Wolverine x Deadpool 3
    Siapa yang gak kaget Wolverine bakal muncul di ‘Deadpool 3’? Baru-baru ini, publik dikejutkan dengan unggahan video dari sang Deadpool, Ryan Reynolds di kanal Twitter dan Instagram pribadinya @VancityReynolds.

    Netizen langsung heboh karena tak menyangka karakter Wolverine bisa muncul kembali dalam Deadpool 3. Banyak pertanyaan yang muncul dan memenuhi kolom komentar Ryan untuk meminta penjelasan.

    Selang beberapa jam, Ryan kembali mengunggah video bersama Hugh duduk bersama untuk menjelaskan bagaimana Wolverine bisa kembali hidup. Namun, ketika mereka mulai menjelaskan justru diputar lagu hit 'Wake Me Up Before You Go-Go' untuk mengaburkan suara mereka.

    Ditambah lagi keduanya terlihat mengobrol dengan antusias dan sempat menirukan salah satu adegan perkelahian antara Wolverine dan Deadpool. Hmm, siapa yang gak greget kalau diperlakukan begini?

    Poster ‘Avengers: Infinity War’
    Promosi online menghebohkan yang mengandung unsur ‘ketidaksengajaan’ adalah ketika aktor Tom Holland menunjukkan poster terbaru ‘Avengers: Infinity War’ saat dirinya sedang live di Instagram.

    Tom yang kala itu mengenakan hoodie abu-abu akan melakukan unboxing hadiah kiriman Mark Ruffalo.

    “Hai guys, ini hari terakhirku di LA. Jadi ingin memberitahu kalian apa yang aku lakuin. Aku mendapat hadiah dari Mark Ruffalo. Dan aku bakal membukanya secara live guys. Aku nggak tahu apa ini, dan mari kita lihat. Wo! Keren banget,” ujar Tom sambil menunjukkan poster ke arah kamera.

    Tom seolah tidak sadar bahwa di belakang suratnya tertulis ‘Confidential. Do not share (Rahasia. Jangan disebarkan).’ Sontak ketika Tom membaca tulisan tersebut ia langsung terlihat panik dan mematikan siaran langsungnya di Instagram.

    Tak lama setelah itu, sutradara Joe Russo kemudian membagikan video live Tom tersebut di akun Instagramnya beserta dengan foto poster ‘Infinity War’ resmi.

    Pengumuman jadwal penayangan ‘Avengers: Infinity War’
    Strategi promosi unik ala Marvel selanjutnya yakni ketika pihak Marvel mengumumkan tanggal maju dari premiere film ‘Infinity War’ lewat interaksi dengan akun Twitter Robert Downey Jr., @RobertDowneyJr.

    Kala itu, Marvel mengunggah sebuah GIF yang menampilkan salah satu adegan ‘Infinity War’ yang kemudian ditanggapi oleh Robert Downey dengan menuliskan “Any chance I could see it earlier?” dan dijawab oleh Marvel “Anything for you Mr. Stark, how’s April 27th?

    Dari interaksi itu, akhirnya diputuskan bahwa penayangan ‘Infinity War’ di seluruh dunia dijadwalkan tayang pada 27 April 2018. Namun di Indonesia sendiri film tersebut tayang mulai 25 April 2018.

    Logo dan judul ‘Spider-Man: Far From Home’
    Sebagai sekuel ‘Spider-Man: Homecoming’, entah gimmick atau memang tidak disengaja lagi, Tom Holland kembali membuat netizen geger karena ia membeberkan judul dan logo resmi ‘Far From Home.’

    Hal ini ia lakukan pada video singkat yang diunggahnya di Instagram. Kala itu dengan memegang iPad dan naskah, Tom menunjukkan judul beserta logo terbaru film terbarunya tersebut.

    Judul yang Tom tunjukkan saat itu dianggap memperkuat pernyataan Presiden Marvel Studios, Kevin Feige yang pernah mengungkapkan kalau film kedua petualangan Peter Parker ini akan mengambil lokasi syuting di berbagai negara.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini