icon-category Auto

Desain Ikonis Vespa Bikin Valuasinya Naik Jadi 1 Miliar Euro

  • 24 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Vespa menjadi motor yang paling di kenal di seluruh dunia. Merek skuter asal Italia ini sekarang telah memiliki valuasi yang meningkat lebih dari 1 miliar Euro atau setara Rp17 triliun.

Angka tersebut meningkat sebesar 19 persen dibandingkan valuasi sebelumnya yang hanya mencapai 906 juta Euro pada 2021 lalu.

Pertumbuhan valuasi dari merek Vespa ini merupakan hasil studi terbaru dari Interbrand yang merupakan lembaga konsultasi bona fide yang ditunjuk oleh Piaggio Group (PIA.MI).

Dari studi tersebut, Interbrand menunjukkan Vespa memiliki jangkauan global akan keunikan, desian, gaya hidup, dan hiburan.

"Istilah 'ikonis' mungkin sudah terlalu sering digunakan, tetapi itu jadi satu-satunya kata yang sangat tepat untuk mendefinisikan Vespa. Vespa tak ubahnya sebuah warisan, tetapi ia juga konsisten berevolusi. Lahir sebagai brand klasik khas Italia, Vespa telah dicintai di seluruh dunia," ujar Manfredi Ricca selaku Global Chief Strategy Officer Interbrand lewat keterangan resminya, Kamis (21/12).

alt-img

Ricca juga mengatakan sebagai brand premium, Vespa juga inklusif untuk semua kalangan.

Valuasi ini disebutkan oleh Ricca bukan sekedar sederet angka yang menyimbolkan kesuksesan Vespam tetapi menunjukkan merek yang satu ini menghadirkan kebebasan dan kebahagiaan dalam hidup yang melampaui batas mobilitas.

"Kekuatan dan kesuksesan dari berbagai kemitraan yang dilakukan brand ini pun benar-benar berbicara dengan sendirinya," tambah Ricca.

Interbrand menerapkan metode penilaian eksklusif nan teruji dalam nenentukan valuasi Vespa. Dengan menggabungkan analisis finansial bersama data primer dan kuantitatif yang dikumpulkan lewat riset pasar secara global.

Riset dilakukan di 10 pasar yang menjadi kunci penjualan Vespa, seperti Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Thailand, Indonesia, China, dan India.

Vespa yang sudah kuat di Eropa, kini semakin memperoleh relevansi di Amerika Serikat dan Asia dengan pertumbuhan yang signifikan.

Di pasar Asia, khususnya di Indonesia, Piaggio Group telah membuka pabrik baru untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal di negara Tanah Air.

Dalam studi tersebut juga menegaskan bahwa Vespa secara global telah dianggap lebih dari sekedar skuter. Hal ini menunjukkan dua hal sekaligus, yaitu peluang orang untuk mengekspresikan diri dan produk yang lekat dengan rekreasi dan hiburan.

Kolaborasi tingkat global bersama Dior, Disney Pixar, Justin Bieber, Lego, dan yang terkini Mickey Mouse turut memperkuat DNA unik dari Vespa.

Dari 10 faktor kekuatan brand yang dianalisis oleh Interbrand, Afinitas dan Kekhasan menjadi bukti kekeuatan utama dari Vespa.

Temuan ini bukan hanya menunjukkan kedekatan brand ikonis tersebut dengan pelanggan, tetapi juga kemampuan Vespa menciptakan hubungan emosional.

Secara singkat, Vespa telah menegaskan dirinya sebagai brand fashion-lifestyle di kendaraan roda dua. Dengan strategi yang jelas, membuat Vespa telah diikuti dan dicintai penggemarnya di seluruh dunia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini