Digilife

Di China, Anak-anak Hanya Bisa Main TikTok 40 Menit Sehari

  • 20 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: Solen Feyissa/Unsplash

    Uzone.id - China terus melakukan berbagai cara untuk mencegah generasi mudanya kecanduan internet. Salah satunya adalah kebijakan pada perusahaan teknologi untuk memperketat pengaturan bagi anak-anak bawah umur, termasuk membatasi waktu bermain game dan video online.

    Sejalan dengan regulasi pemerintah China, induk perusahaan TikTok, ByteDance turut melakukan pembatasan waktu di aplikasi TikTok versi China, Douyin bagi pengguna di bawah umur 14 tahun dengan menghadirkan ‘Youth Mode’ di aplikasinya.

    Baca juga: 5 Aplikasi Video Pendek Paling Ngehits di Indonesia

    Dalam postingan blog yang ditulis Sabtu, (18/09/2021), pada fitur Youth Mode, anak-anak usia 14 tahun ke bawah hanya bisa main TikTok atau Douyin selama 40 menit sehari saja antara pukul 6 pagi hingga 10 malam.

    Dilansir dari The Verge, mode ini akan berlaku bagi pengguna di bawah 14 tahun ‘yang diautentikasi dengan nama asli.’ Oleh karena itu, orang tua diminta untuk menyelesaikan proses otentikasi dengan nama asli atau mengaktifkan Youth Mode saat aplikasi memintanya.

    Fitur Youth Mode akan menyediakan konten-konten mencakup materi pendidikan seperti eksperimen sains, pameran museum dan galeri, pemandangan alam, pengetahuan sejarah dan lainnya.

    Baca juga: TikTok Kalahkan YouTube dalam Kategori Waktu Rata-rata Menonton

    Bulan lalu, pemerintah China lewat kebijakan barunya mengatakan bahwa remaja di bawah 18 tahun hanya bisa bermain game online pada hari Jumat dan akhir pekan saja diantara pukul 20:00 dan 21:00. 

    Selain itu, untuk memudahkan peraturan tersebut pihak berwenang juga meminta perusahaan game dan video online di China untuk menggunakan identifikasi nama asli bagi semua pengguna, termasuk memasukkan nomor telepon dan identifikasi lainnya saat mengakses game online.