home ×
Digilife

TikTok Kalahkan YouTube dalam Kategori Waktu Rata-rata Menonton

07 September 2021 By
TikTok Kalahkan YouTube dalam Kategori Waktu Rata-rata Menonton
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Popularitas aplikasi TikTok secara global meningkat sangat pesat, tak terkecuali di Indonesia. Pengguna yang kebanyakan kalangan anak muda menghabiskan banyak waktu di aplikasi video pendek asal Tiongkok ini.

Bahkan, popularitasnya kini bisa dikatakan sejajar dengan platform video milik Google, YouTube. Data terbaru menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan, TikTok berhasil mengalahkan YouTube dalam hal waktu rata-rata menonton.

Menurut hasil riset App Annie, pengguna Inggris dan AS lebih banyak menghabiskan waktunya di TikTok dibanding di YouTube.

Baca juga: Twitter Bisa Sembunyikan Tweet Lama hingga Hapus

Sedangkan, pengguna rata-rata bulanan YouTube masih jauh di atas TikTok dengan perkiraan 2 miliar pengguna bulanan dibanding TikTok yang hanya berkisar 700 pengguna.

Namun secara keseluruhan, karena YouTube memiliki pengguna yang lebih banyak, aplikasi milik Google ini masih mempertahankan posisi teratas untuk keseluruhan waktu yang dihabiskan.

455177-PF96E6-984

“YouTube masih memimpin TikTok dalam keseluruhan waktu yang dihabiskan, termasuk di Inggris,” ungkap Jamie MacEwan, dari Enders Analysis, seperti yang dikutip dari BBC, Selasa (07/09).

Perlu dicatat, bahwa dominasi ‘waktu yang dihabiskan’ ini hanya mencakup pengguna di Android, dan tidak termasuk pengguna dari China.

“Sekarang kita tahu bahwa di AS dan Inggris, TikTok berhasil ‘merombak’ YouTube, dan bahkan mengguncang Facebook… ini adalah tanda persetujuan yang sangat besar.” 

Baca juga: YouTube Music Punya 50 Juta Pelanggan, Spotify Ketar-ketir

TikTok terus menunjukkan prestasi yang membuat sosial media lain ketar-ketir, YouTube bahkan memiliki fitur ‘tiruan’ untuk menghalau popularitas TikTok.

Di tempat lain, App Annie juga melaporkan bahwa tahun ini saja sekitar 548 miliar jam sudah dihabiskan orang-orang untuk live streaming di Instagram, Twitch, Facebook, dan TikTok.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id