home ×
Digilife

Diblokir Apple, Fortnite Klaim Kehilangan 60 Persen Pengguna

05 September 2020 By
Diblokir Apple, Fortnite Klaim Kehilangan 60 Persen Pengguna
Share
Share
Share
Share

(Ilustrasi foto: Unsplash)

Uzone.id -- Epic Games selaku pengembang game Fortnite masih berupaya mengajukan langkah hukum selanjutnya untuk melawan Apple terkait konflik yang terjadi di antara keduanya sampai akhirnya Fortnite diblokir dari App Store. Salah satu hal yang diajukan Epic Games adalah Fortnite dirugikan dan telah kehilangan banyak pengguna.

Rasanya tak lagi mengejutkan apabila pihak Epic berupaya untuk membela diri sebagai bentuk persiapan sidang konflik tentang Fortnite dengan Apple pada 28 September 2020 mendatang.

Epic mengirimkan dokumen berupa argumen tentang sikap dan dampak dari tindakan Apple tersebut agar Hakim Yvonne Gonzalez Rogers dapat berpihak kepadanya. Rogers selama ini diketahui menunjukan sikap enggan untuk melindungi game-game Epic, karena menurutnya Epic belum membuktikan bahwa mereka mengalami kerugian dan menganggap Epic memang sengaja melanggar kebijakan Apple.

Baca juga: Facebook hingga Spotify, Ini Daftar Pedukung Fortnite Lawan Apple & Google

Nah, di dalam dokumen baru yang diajukan Epic tersebut berisi argumen bahwa reputasi mereka telah terdampak.

“Pengguna aktif harian di perangkat iOS anjlok 60 persen sejak Fortnite diblokir dari App Store,” tulis pihak Epic, seperti dikutip dari The Verge.

Bagi Epic, platform iOS merupakan yang terbesar bagi Fortnite, terdapat sekitar 116 juta pengguna terdaftar, atau hampir sepertiga dari 350 juta pengguna Epic.

Epic juga mengatakan, ada sekitar 63 persen pengguna Fortnite pada iOS mengaku mengakses game battle royale itu hanya dari perangkat iOS. Pihaknya turut mengatakan, mereka khawatir tidak bisa melayani para gamer ini lagi.

Baca juga: Tak Cuma Fortnite, Semua Game Besutan Epic Games Diblokir Apple

Pihak Apple menolak untuk memberikan tanggapan terkait hal ini.

Sebelumnya, deretan aplikasi keluaran Epic selain Fortnite, seperti Unreal Tournament, Infinity Blade, Robo Recall, hingga Battle Breakers sudah tidak ada lagi di App Store. Jika pengguna perangkat Apple mencari game-game tersebut di App Store, tidak akan muncul sama sekali.

Tak hanya itu, awal mula drama antara Epic dengan Apple ini pengguna masih bisa mengunduh ulang Fortnite jika sebelumnya sudah pernah mengunduh, namun sekarang sudah tidak bisa.

Keputusan Apple ini merupakan lanjutan dari langkah perusahaan yang telah menghapus aplikasi Fortnite dari platform App Storenya pada 14 Agustus kemarin karena Epic dianggap telah melanggar kebijakan dengan membuat metode pembayaran sendiri.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 07 September 2020 | 00:08:40

kasihan sekali mereka tidak bisa main game kesayangannya

Sruh wiyarno Wiyarno 06 September 2020 | 13:58:34

woiii kasi gw diamond dong

aiya 06 September 2020 | 12:09:15

yah udah gabisa lagi main fortnite di apple

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article