home ×
Gadget

Digempur Samsung dkk, Produksi AirPods Bakal Dipangkas

30 April 2021 By
Digempur Samsung dkk, Produksi AirPods Bakal Dipangkas
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi AirPods. (Foto: Filipe Alves)

Uzone.id -- Bocoran terbaru datang dari rencana Apple yang akan memangkas produksi AirPods di tahun 2021 ini. Kabar yang beredar, rencana ini disebabkan banyaknya pesaing earphones TWS dari pasar Asia.

Pertama kali diwartakan Nikkei Asia, Apple disebut siap mengurangi produksi AirPods sekitar 25 sampai 35 juta unit, atau 25-30 persen di tahun ini. Alasannya sederhana, penjualan AirPods dipercaya melemah karena adanya persaingan sengit di pasar earphones TWS seperti Samsung, Xiaomi, dan lain-lain.

Sebelumnya Apple memproduksi 110 juta unit AirPods per tahun, namun kali ini kira-kira hanya 75-85 juta unit saja karena permintaan pasar menurun.

“Pertumbuhan tahunan melambat menjadi 22 persen saja,” ungkap lembaga riset IDC pada laporan Maret 2021.

Baca juga: Mulai Diproduksi, AirPods 3 Dirilis Q3 2021?

Pihak Apple menolak untuk memberikan tanggapan terkait hal ini.

Perangkat AirPods pertama kali diluncurkan pada 2016. Meski sempat dicemooh karena bentuknya yang dianggap aneh, AirPods malah mendominasi pasar earphones TWS dan menginspirasi banyak brand untuk meluncurkan produk serupa -- tak hanya fitur, namun juga bentuk atau desainnya.

Perusahaan seperti Samsung dan Xiaomi pun gencar merilis earphones TWS, dengan kecanggihan dan harga kompetitif. Belum lagi berbagai produk sejenis dari Oppo dan Realme.

Dari laporan IDC per Maret 2021, lini produk earphones TWS dari Xiaomi tumbuh 55 persen sepanjang 2020.

Baca juga: Penjualan iPhone 12 Tembus Rp679 Triliun

Di sisi lain, belum lama ini AirPods 3 diprediksi akan diluncurkan pada kuartal ketiga tahun ini dengan membawa desain in-ear seperti AirPods Pro.

Fitur-fitur di AirPods 3 ini juga ikut mengalami peningkatan, termasuk Force Sensor yang berfungsi sebagai squeeze controls.

Ada juga Active Noice Cancellation, Transparency Mode, dan bahkan ada ventilasi “pressure relief”. AirPods 3 cukup mengemas banyak fitur dalam body sekecil itu.

Dengan kata lain, AirPods ini merupakan versi lebih murah dari AirPods Pro karena banyak fitur-fitur yang sama dengan AirPods Pro.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article