icon-category Auto

Diragukan Pembalap, Sirkuit MotoGP India Diklaim Aman

  • 22 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - MotoGP India akan digelar mulai hari ini, Jumat (22/9), di Buddh International Circuit. Namun banyak pebalap yang mempertanyakan keamanan sirkuit yang baru pertama kali digunakan untuk MotoGP tersebut.

Dilansir dari GPOne, Loris Capirossi selaku Safety Manager Dorna Sports mengaku sudah menjajal langsung Buddh International Circuit di India. Menurutnya lintasan baru MotoGP itu sudah lulus homologasi hari ini dan hampir tidak ada masalah.

"Semua lintasan di dunia pasti terhomologasi di hari kamis sebelum perlombaan berlangsung. Itu kemudian akan berakhir setelah balapan selesai. Apa yang terjadi di India juga sama dengan sirkuit-sirkuit lain," ujar Capirossi.

Capirossi mengaku merasakan langsung Buddh International Circuit menggunakan motor. Menurutnya, lintasan tersebut memiliki tantangan dengan desain baru dan pemandangan yang indah.

Secara keamanan pun menurut Capirossi sudah tidak perlu diragukan lagi.

alt-img

"Kami kurang lebih sudah sepekan di sini, kami telah melakukan banyak hal. Bahkan hari ini, saya sempat mengendarai motor untuk merasakan langsung lintasan. Saya bisa pastikan, kondisi trek sudah oke dan pebalap pasti senang," jelasnya.

Selanjutnya Capirossi menegaskan tidak ada masalah pada aspal Buddh International Circuit. Semua komponen balapan disebutkannya sudah siap dan hanya menunggu waktu digunakan balapan saja.

"Saya rasa, sirkuit ini berbeda dari sirkuit-sirkuit lain dan menurut saya agak sulit," ungkapnya.

Seperti disebutkan sebelumnya, MotoGP India akan digelar pada akhir pekan ini.

Buddh International Circuit sebelumnya sudah digunakan oleh Formula 1 atau F1 pada musim 2011 hingga 2013. Kemudian di tahun ini mulai digunakan kembali untuk ajang internasional MotoGP.

Kabarnya, pembangunan sirkuit baru MotoGP di India ini menghabiskan dana hingga Rp6 triliun. Angka tersebut lebih besar daripada yang dikeluarkan Indonesia untuk membangun Sirkuit Mandalika.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini