icon-category Telco

Diskominfo Mappi Papua Perkuat SDM untuk Implementasi SPBE

Uzone.id -  Setidaknya 10 pegawai dalam lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mappi, Papua telah menyelesaikan pelatihan mikrotik yang digelar 3 sampai 6 Desember 2023 lalu. Pelatihan mikrotik ini difasilitasi oleh PT Metranet, anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Training yang diadakan di hotel The Jayakarta, Yogyakarta itu bertujuan memberikan kesempatan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengembangkan kompetensinya, khususnya dari sisi teknis. 

Sehingga ke depannya, para ASN ini memiliki kompetensi yang andal dan profesional, sesuai dengan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur Sipil Negara. Terlebih, saat ini pemerintah Indonesia tengah menggencarkan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Implementasi SPBE diharapkan dapat memberikan dampak langsung tak cuma bagi para pegawai di lingkungan pemerintahan, tetapi juga oleh masyarakat secara luas.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Telkom yang telah menyelenggarakan training mikrotik kepada Diskominfo Kabupaten Mappi,” ucap Edi Mustofa, peserta sekaligus perwakilan Diskominfo Kabupaten Mappi.

“Kami berharap kegiatan ini akan tetap berlanjut untuk meningkatkan SDM dan menunjang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik,” sambungnya.

Hardiyanto Susilo, salah satu peserta pelatihan mikrotik, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas dukungan penuh Telkom Indonesia. Tak cuma materi training-nya saja yang menurutnya lengkap dan mudah dipahami, tetapi juga akomodasi selama pelatihan yang juga dinilai sangat baik.

“Mulai dari kegiatan kita dari Mappi sampai Yogyakarta berjalan dengan baik, akomodasi penjemputan dan tur juga sangat baik,” katanya.

“Pada saat penyampaian trainer tentang materi mikrotik, mudah dipahami. Setelah itu, saat pengajaran kita pun bertanya tentang materi, pengajarnya sangat merespon pertanyaan kita,” tutup Hardiyanto.

Seperti diketahui bahwa saat ini pemerintah Indonesia tengah gencar menyiapkan SDM untuk memperkuat implentasi SPBE, salah satunya dengan memberikan pelatihan ke berbagai pihak terkait tata kelola berbasis elektronik. 

Pengembangan SPBE juga diharapkan bisa meningkatkan mutu layanan pemerintahan, kepada masyarakat dengan mendigitalisasi berbagai layanan publik secara menyeluruh.  

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini