icon-category Auto

Distribusi Motor Listrik Honda EM1 e: Capai 200 Unit per Bulan

  • 02 Apr 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Motor listrik Honda EM1 e: menjadi produk elektrifikasi dari PT Astra Honda Motor (AHM) yang pertama. Sejak diluncurkan pada akhir 2023 kemarin, sekarang bagaimana penjualannya?

Octavianus Dwi selaku Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) mengaku produk motor listriknya terkirim antara 150 unit hingga 200 unit setiap bulannya. Namun Octa mengaku jumlah tersebut tidak semuanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

"Kalau kita distribusi ke jaringan itu setiap bulan lebih kurang 150-200 unit. Tapi itu terbagi ke konsumen langsung dan juga untuk penetrasi ke market. Seperti tes berkendara dan juga unit pajangan, hingga ke perusahaan," ujar Octa di Jakarta.

alt-img

Artinya jika dihitung sepanjang 2024 yang sudah melewati bulan ketiga, maka jumlah EM1 e: yang didistribusikan sebanyak 450 unit hingga 600 unit.

"Untuk retail ke konsumen sudah lumayan, pokoknya Jakarta dulu yang kita penetrasi dan sudah hampir seluruh area," jelasnya.

Jakarta memang menjadi kota pertama yang menjadi basis motor listrik Honda. Bahkan baru area Jakarta dan sekitarnya (Bodetabek) yang mendapatkan stasiun penukaran baterai Honda atau Power Pack e:, sementara kota lainnya belum tersedia.

Namun beberapa daerah seperti Bandung, Jawa Barat juga sudah mulai memasarkan Honda EM1 e: ini. Bahkan di Main Dealer Honda Jawa Barat juga sudah menyediakan Honda e: Shop sebagai basis penjualan motor listrik.

Perlu diketahui, Honda EM1 e: merupakan motor listrik yang dijual dengan dua varian yakni standar dan Plus dengan harga masing-masing Rp40 juta dan Rp40,5 juta. Jika dipotong dengan subsidi, harga banderolnya menjadi Rp33 juta dan Rp33,5 juta on the road DKI Jakarta.

Saat ini PT Astra Honda Motor baru memasarkan dua motor listrik saja yakni EM1 e: dan EM1 e: Plus. Sementara motor listrik yang dipajang di IIMS 2024 yakni SC e: Concept, masih belum diluncurkan secara resmi.

Kabarnya AHM masih komitmen untuk menghadirkan motor listrik baru di tahun 2024 ini. Seperti apa bentuknya? Kita nantikan saja kejutan dari pabrikan Jepang tersebut.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini