icon-category Digilife

Diterpa Isu PHK Karyawan Massal, Begini Kata Shopee Indonesia

  • 15 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Shopee (Sumber: Reuters/Edgar Su)

    Uzone.id - Shopee diterpa kabar PHK besar-besaran terhadap karyawannya, khususnya pada layanan ShopeeFood dan ShopeePay di Asia Tenggara, Eropa dan Amerika Latin.

    Menanggapi desas-desus ini, Shopee Indonesia akhirnya angkat bicara sekaligus memastikan bahwa langkah penyesuaian bisnis yang mereka lakukan tidak melibatkan regional Indonesia.

    Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Rabu, (15/06/2022), mengungkapkan, “langkah penyesuaian yang diambil pada segmen dan pasar tertentu, dipastikan tidak melibatkan Shopee Indonesia.”

    Shopee Indonesia juga disebut terus menunjukkan performa yang baik sehingga tetap menjadi pasar prioritas untuk mengembangkan bisnis mereka, termasuk membantu lebih banyak UMKM dan konsumen di Indonesia dalam merasakan manfaat pertumbuhan ekonomi digital.

    Baca juga: Shopee Bakal PHK Massal Karyawan di Asia Tenggara, Termasuk Indonesia?

    “Di Indonesia, Shopee mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan dalam berbagai lini bisnis seperti Shopee, ShopeePay, dan ShopeeFood dan lebih dari 50% bergabung sejak dimulainya pandemi COVID-19. Kami juga terus merekrut talenta-talenta terbaik untuk mengembangkan tim kami,” tambahnya.

    Program perekrutan talenta digital ini dilakukan melalui program Sea Labs Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2022 lalu yang akan membangun tim dari 1.000 talenta digital Indonesia terutama engineer dan product manager yang disiapkan untuk berkontribusi melalui teknologi.

    Handoko juga menjelaskan kalau misi Shopee di Indonesia tetap sama, yakni mewujudkan kehidupan yang lebih baik bagi mereka yang belum terlayani dengan baik melalui teknologi.

    Misi ini diwujudkan dengan cara berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Indonesia, untuk menciptakan berbagai kerja sama strategis.

    Baca juga: Ramai Soal Bubble Burst, Startup Game Lokal Kena Juga Gak?

    Dukungan Shopee terhadap UMKM ini dihadirkan melalui berbagai inisiatif untuk memajukan UMKM di Indonesia.

    “Dalam 6 bulan terakhir, Shopee juga tengah menghadirkan berbagai inisiatif untuk memajukan UMKM di Indonesia, termasuk Kampus UMKM Shopee yang hadir di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang telah melatih puluhan ribu UMKM lokal keterampilan bisnis digital,” ungkap Handoko.

    Selain inisiatif tersebut, Shopee juga hadir dengan program Java in Paris yang membawa ribuan produk UMKM lokal di Shopee tembus kurasi dan bisa dijual di Paris, Perancis.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini