home ×
Digilife

Drama Fortnite vs. Apple: Diblokir Setahun, Hingga Gamer Gak Bisa Sign-in

11 September 2020 By
Drama Fortnite vs. Apple: Diblokir Setahun, Hingga Gamer Gak Bisa <i>Sign-in</i>
Share
Share
Share
Share

(Foto: Unsplash)

Uzone.id -- Drama antara Apple dan pengembang game Fortnite, Epic Games tampaknya mulai masuk babak baru. Setelah masuk ke ranah meja hijau, kini muncul dugaan berapa lama Fortnite akan diblokir, sampai masalah gamer tak bisa sign-in, alias masuk ke akun Apple.

Mari bahas soal sistem sign-in di Apple terlebih dahulu.

Biasanya, kalau pengguna ingin masuk ke suatu game, ada pilihan masuk sebagai tamu (play as a guest) atau masuk dengan akun yang sebelumnya kita pakai. Jika pakai akun, tentunya harus melakukan sign-in terlebih dahulu agar data dan proses gaming dapat dilanjutkan kembali.

Nah, sistem login ‘Sign In with Apple’ bakal dimatikan untuk akun-akun game Epic Games, termasuk Fortnite terhitung mulai besok, Jumat (11/9). Langkah ini tentu saja sebagai lanjutan dari konflik antara Epic dan Apple.

Baca juga: Diblokir Apple, Fortnite Klaim Kehilangan 60 Persen Pengguna

Dari pernyataan Epic, pihaknya mengingatkan kepada para gamer agar segera memperbarui akun masing-masing dengan kredensial login yang baru sebelum 11 September 2020 demi mempertahankan akses yang selama ini sudah ada.

Epic pun memberikan tutorial singkat tentang bagaimana menyelamatkan akses akun Fortnite, mulai dari pembaruan email dan password. Langkah-langkahnya bisa dilihat di tautan ini.

Selain persoalan sign-in dengan akun Apple, hal terbaru dari drama ini adalah kemungkinan durasi pemblokiran yang harus dihadapi oleh Fortnite.

Mengutip The Guardian, Fortnite terancam diblokir dari perangkat Apple seperti iPhone dan iPad selama satu tahun lamanya.

Baca juga: Tak Cuma Fortnite, Semua Game Besutan Epic Games Diblokir App Store

Dari penjelasan Epic, skala pemblokiran ini diungkapkan di dalam pengajuan hukum dari Epic, di mana di dalamnya terdapat permintaan kepada pengadilan agar dapat merayu Apple untuk membuka kembali akses game-gamenya di App Store.

Epic mencatat, Apple pernah mengirimkan email mengenai akses App Store yang diputus pada Agustus kemarin, serta peringatan yang berbunyi, “kami akan menolak pengajuan ulang Anda ke Apple Developer Program setidaknya selama satu tahun untuk mempertimbangkan tindakan Anda.”

Diketahui Epic memiliki lebih dari 116 juta pengguna terdaftar di perangkat Apple. Meski Apple menyumbang banyak pengguna bagi game besutan Epic, khususnya Fortnite, perusahaan pimpinan Tim Cook itu akhirnya mengakhiri akun Epic di App Store pada 28 Agustus lalu. Hal ini menyebabkan semua game keluaran Epic diblokir dari platform ini.

Aplikasi keluaran Epic selain Fortnite, seperti Unreal Tournament, Infinity Blade, Robo Recall, hingga Battle Breakers sudah tidak ada lagi di App Store. Jika pengguna perangkat Apple mencari game-game tersebut di App Store, tidak akan muncul sama sekali.

Tak hanya itu, awal mula drama antara Epic dengan Apple ini pengguna masih bisa mengunduh ulang Fortnite jika sebelumnya sudah pernah mengunduh, namun sekarang sudah tidak bisa.

Keputusan Apple ini merupakan lanjutan dari langkah perusahaan yang telah menghapus aplikasi Fortnite dari platform App Storenya pada 14 Agustus kemarin karena Epic dianggap telah melanggar kebijakan dengan membuat metode pembayaran sendiri.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article