home ×
Auto

Duet Kembar Toyota-Daihatsu yang ke-5, Agya-Ayla yang Dipaksa jadi SUV?

30 April 2021 By
Duet Kembar Toyota-Daihatsu yang ke-5, Agya-Ayla yang Dipaksa jadi SUV?
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Hari ini Toyota dan Daihatsu kembali berkolaborasi untuk ke-5 kalinya. Kali in sebuah SUV kompak dan harusnya murah bakal jadi duet maut yang panaskan segmen tersebut.

Setelah Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla dan Calya-Sigra, kini giliran Rocky-Raize yang siap lahir ke pasaran untuk menantang Nissan Magnite, Kia Sonet, dan SUV-SUV kompak murah lainnya.

Daihatsu Rocky akan meluncur duluan pukul 10.00 WIB hari ini, disusul Toyota Raize yang meluncur pukul 13.00 WIB juga dihari yang sama.

Baca juga: Elon Musk Umumkan, Beli Tesla Bisa Pakai Bitcoin

Konsumen yang tertarik dengan kedua mobil kembar tersebut juga sudah bisa melakukan pemesanan ke diler resmi. Mana yang mau dipilih? Tentunya sesuai budget, kebutuhan fitur dan fanatisme brand.

Selain menggunakan basis yang sama, Toyota dan Daihatsu membedakan sedikit tampilan dua mobil ini dengan ciri khas mereknya masing-masing.

kedua mobil ini memang lama dinanti dan bikin banyak orang penasaran. Terutama soal dimensinya yang terkesan kompak tersebut.

Ada yang menganggap kalau Rocky-Raize hanyalah sebuah Agya-Ayla yang ditinggikan sehingga layak disebut sebagai sebuah SUV--atau dipaksa jadi sebuah SUV.

Klaim tersebut bisa jadi benar, bisa juga tidak. Atau kalaupun benar, ya kenapa tidak? Toh kawin silang dan mutasi DNA mobil saat ini sah-sah aja dan sering dilakukan pabrikan guna efisiensi biaya produksi.

Namun, meski secara dimensi terlihat seperti hanya meninggikan Agya dan Ayla, sepertinya belum tetu tepat juga, karena platform Rocky dan Raize sudah berbeda dengan Agya-Ayla.

Kedua mobil ini sudah menggunakan platform terbaru Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Diklaim lebih ringan namun lebih rigid.

Kemudian, usungan mesin pun berbeda, dimana sebuah sokongan turbo disematkan pada mesin 3 silinder berkapasitas 1.000cc yang semoga saja disediakan baik untuk Daihatsu, apalagi Toyota.

Apapun sebutannya, dengan kemunculan duet kembar terbaru ini, dengan dimensi kompaknya, tampilan agresifnya, mesin dan fitur-fiturnya, ditambah harga jualnya yang konon sudah langsung mendapat diskon PPnBM, membuat duet kembar ini jadi berbahaya dan harus diantisipasi.

VIDEO: Modifikasi apa yang boleh dan dilarang?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article