Digilife

E-Commerce Diharapkan Punya Laman Khusus Produk UMKM

  • 02 July 2020
  • Bagikan :
    E-Commerce Diharapkan Punya Laman Khusus Produk UMKM

    Ilustrasi. (Foto: Freepik)

    Uzone.id - Para e-commerce diharapkan memiliki laman khusus produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Harapan tersebut berasal dari Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia, Teten Masduki.

    Dalam konferensi pers yang digelar SEA Group, induk usaha Shopee dan Garena, Teten mengatakan, "Saya berharap betul di e-commerce, termasuk di SEA Group itu, di Shopee, supaya ada laman khusus untuk produk UMKM."

    Baca juga: Tips Bertransaksi Online di Tengah Kondisi Wabah Covid-19 Melanda

    Menurut Teten, dengan keberadaan laman tersebut, UMKM di Indonesia merasa senang dan mendapat dukungan. Sejalan dengan itu, SEA Group melalui SEA Insights baru saja merilis hasil penelitian tentang digitalisasi UMKM di Indonesia.

    Sekitar 70 persen pelaku usaha mengakui bahwa mereka akan terus memanfaatkan media digital melalui e-commerce (berjualan dan berbelanja) dan media sosial. Oleh karena itu, transformasi digital menjadi suatu kebutuhan untuk mengembangkan usaha.

    Hasil studi oleh Sea Insights yang bertajuk “Data Digitalisasi Selamatkan UMKM Indonesia” didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

    Baca juga: FastPos dan TaniHub Pastikan Hasil Panen Petani sampai ke Pelanggan

    Metodologi survei tersebut dijalankan kepada 20.000 anak muda usia 16 hingga 35 tahun, 2.200 di antaranya adalah pelaku usaha serta dilakukan melalui platform Garena dan Shopee selama periode Juni 2020, selaku anak perusahan dari Sea.

    UMKM di Indonesia telah aktif beradaptasi dalam menghadapi tantangan besar selama pandemi. Tiga tantangan UMKM selama masa pandemi ini meliputi pasokan, cash flow, dan permintaan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini