Home
/
Startup

Efek Domino Telkomsel Investasi ke Gojek

Efek Domino Telkomsel Investasi ke Gojek

Birgitta Ajeng08 December 2020
Bagikan :

Uzone.id - Kehadiran Telkomsel menanamkan investasi ke perusahaan sekelas Gojek ternyata berdampak bagus juga terhadap industri startup itu sendiri.

Dalam wawancara khusus dengan Uzone.id, pendiri Dailysocial.id sekaligus pengamat startup, Rama Mamuaya menyatakan, “Indikasi positif menurut saya, ketika perusahaan se-"stabil" Telkomsel sudah berinvestasi di Gojek.”

Sementara itu, dalam wawancara khusus dengan Uzone.id di kesempatan berbeda, Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Start Up Indonesia (Amvesindo), Jefri R Sirait juga menyatakan hal senada. “Buat dunia startup, itu penting. Kita melihat startup itu menjadi berbeda,” tegasnya dalam wawancara via telepon.

Jefri menyatakan bahwa sepuluh tahun lalu ketika startup melakukan penggalangan dana ke perusahaan-perusahaan mapan, mereka kerap dipandang sebagai kompetitor. Namun, kini tidak.

Baca juga: Inovasi yang Diprediksi Akan Hadir Berkat Kolaborasi Telkomsel dan Gojek

Rama bahkan memprediksi bahwa ke depan, banyak perusahaan mapan di Indonesia akan semakin percaya dengan startup, lebih dari sekadar hype. “Telkomsel sudah "masuk", hopefully more and more corporate will invest in startups,” ujar Rama dalam wawancara via pesan singkat.

Walaupun Jefri memiliki pandangan berbeda terkait prediksi tersebut. Menurutnya, keputusan berinvestasi dikembalikan ke masing-masing investor.

“Jadi keinginan seseorang investment di suatu tempat itu ada dasarnya. Kembali dilihat, ya. kita mungkin tidak semudah itu, ini daya tarik. Tapi kan daya tarik sesuatu ini tergantung dari setiap company,” tutur Jefri.

Meski demikian, Jefri tetap memandang bahwa investasi Telkomsel ke Gojek sebagai sesuatu yang menarik. “Tapi kalau melihat dari para investor yang masuk, tentunya ini menjadi satu daya tarik yang bisa memberikan keyakinan buat siapa pun bahwa investment terhadap Gojek ini menjadi sesuatu yang menarik,” katanya.

Baca juga: Industri Telekomunikasi Sambut Positif Langkah Telkomsel Investasi ke Gojek

Sebelumnya, pihak Telkom mengatakan bahwa kerja sama dengan Gojek dan ekosistem yang luas akan mengakselerasi transformasi Telkomsel sebagai digital telco company, serta memperkuat konsistensi perusahaan dalam membangun ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, meskipun penuh tantangan di tengah pandemi.

Telkomsel sendiri berharap bahwa sinergi melalui teknologi dan ekosistem dari kedua perusahaan karya anak bangsa ini diharapkan akan mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia, seperti produk baru yang dikembangkan bersama, serta program-program inovatif yang dapat memberikan penghematan biaya seperti promosi bersama dan bundling produk.

Baik Telkomsel maupun Gojek, keduanya sudah disebut sebagai perusahaan raksasa di Indonesia. Diketahui, platform Gojek dan layanannya digunakan oleh jutaan konsumen dan mitra pengemudi, serta ratusan ribu mitra merchant di Indonesia, sedangkan Telkomsel adalah operator telekomunikasi digital dengan jumlah pelanggan terbanyak dan cakupan terluas di Indonesia.

Saat ini Gojek telah tumbuh menjadi perusahaan digital dengan banyak layanan yang memudahkan konsumennya. Selama 10 tahun sejak kemunculannya pertama kali di tanah air, data dari App Annie menyebut, sampai saat ini Gojek sudah memiliki sekitar 38 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara. Bahkan total transaksi tahun 2020 pada platform tersebut telah mencapai Rp170 triliun.

Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi digital terbesar di Indonesia dengan jumlah pengguna lebih dari separuh populasi di Indonesia. Saat ini operator merah putih itu telah menggelar lebih dari 228.000 BTS untuk melayani lebih dari 170 juta pelanggan yang tersebar hingga ke wilayah terdalam, pulau terluar, serta daerah perbatasan negara. 

Selama 25 tahun, Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan teknologi berbasis broadband terkini, termasuk menjadi yang pertama melakukan uji coba 5G di Tanah Air. Telkomsel pun terus mengembangkan bisnis digital seperti Mobile Gaming, Digital Entertainment, Digital Advertising, Digital Lifestyle, Mobile Financial Services, Enterprise Solutions, dan Internet of Things untuk menemukan berbagai cara baru bagi masyarakat dalam menjalani kehidupan dari waktu ke waktu.

populerRelated Article