Startup

El Salvador Resmi Menambang Bitcoin Pakai Energi Gunung Berapi

  • 04 October 2021
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Foto: Ása Steinarsdóttir - Unsplash)

    Uzone.id - El Salvador telah resmi menambang bitcoin pertama menggunakan energi vulkanik. Hal itu disampaikan langsung oleh Presiden Nayib Bukele melalui akun Twitter.

    Masih melalui Twitter, Nayib Bukele membagikan tangkapan layar bitcoin yang telah ditambang. Dia mengatakan "secara resmi bitcoin pertama yang menambang gunung berapi."

    Sebelumnya, Nayib Bukele pada pekan lalu mengatakan bahwa El Salvador mengambil "langkah pertama" untuk memanfaatkan energi gunung berapi untuk penambangan bitcoin.

    BACA JUGA: Squid Game Bikin Lonjakan Trafik Data Jadi 1,2 Triliun bit, Netflix pun Digugat

    Menyusul persetujuan kongres El Salvador untuk adopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada bulan Juni 2021, Nayib Bukele mengatakan kalau dia telah menginstruksikan perusahaan listrik panas bumi atau geothermal milik negara, LaGeo, untuk mengizinkan penambang bitcoin untuk memanfaatkan sumber daya vulkanik di negaranya.

    Sebanyak 20 gunung berapi yang berpotensi aktif, VolcanoDiscovery.com mengatakan bahwa itu menyumbang hampir 22 persen dari pasokan energi negara itu.

    Pemanfaatan energi panas bumi di El Salvador bisa memberikan jawaban atas perburuan sumber energi bersih yang andal untuk mendukung penambangan bitcoin. (Coin Desk)