icon-category Digilife

Elon Musk "Senggol" Google, Siap Rilis Platform Saingan Gmail

  • 24 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Tak lama lagi, platform pesan elektronik dari Google, Gmail, akan mendapat saingan baru. Elon Musk berencana merilis Xmail, sebuah platform pesan elektronik yang kemungkinan akan terintegrasi dengan X.

Kabar ini pertama kali di-spill oleh salah satu engineer X, Nathan McGrady di akun resminya pada Kamis, (22/2) lalu.

“Kapan kita membuat XMail,” tulisnya. Lalu, dibalas hari ini oleh Elon Musk, Sabtu, (24/02).

“Sebentar lagi akan datang,” jawabnya.

Elon Musk tidak menjelaskan lebih jauh soal platform XMail ini, namun dirinya sendiri memang terkenal dengan ide-ide yang bisa jadi hanya candaan, dan bisa jadi malah benar-benar terjadi (seperti Grok dan X).

Jika benar-benar dirilis, Xmail kemungkinan besar akan terhubung ke platform X, apalagi Elon Musk ingin membuat X sebagai platform serbaguna dengan berbagai fitur didalamnya.

Kemungkinan lain, XMail sedang dikembangkan di xAI atau digabung di X dengan fitur lain seperti platform lowongan kerja, ride-hailing, e-wallet hingga pengiriman makanan.

Melansir dari Dailymail.uk, Sabtu, (24/02), seorang konsultan media sosial bernama Rhea Freeman mengatakan Gmail versi X mungkin benar-benar dirilis.

“Elon telah membuat perubahan besar pada Twitter dan tampaknya tidak memihak opini publik, jadi gagasan X soal platform email mereka sendiri akan menjadi sesuatu yang harus diperhatikan,” ujarnya.

Kehadiran Xmail tentu akan meramaikan persaingan ini, dan tidak menutup kemungkinan kalau nantinya Xmail bisa menyalip platform Yahoo bahkan Gmail. 

FYI, walaupun sudah memiliki pesaing seperti Yahoo, Outlook dan sebagainya, Gmail hingga saat ini masih jadi yang paling banyak digunakan, total ada 1,8 miliar orang di dunia yang menggunakan Gmail untuk bertukar pesan elektronik. 

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini