icon-category Telco

Euforia MotoGP, Kecepatan 5G Telkomsel Tembus 5 Gbps di Mandalika

  • 18 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Telkomsel

    Uzone.id — Telkomsel menyediakan konektivitas digital berteknologi Hyper 5G di perhelatan internasional MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kecepatan jaringan 5G Telkomsel pun diklaim ngebut.

    Pada gelaran MotoGP pada 18-20 Maret 2022 ini, Telkomsel menggelar 16 BTS 5G yang menjangkau sejumlah titik di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

    Telkomsel menggunakan frekuensi 2.100 MHz dan 2.300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu, dan tambahan frekuensi 3.500 MHz yang sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

    Pada pengujian di lapangan, kombinasi frekuensi tersebut dapat menghasilkan kecepatan lebih dari 2 Gbps. Selain itu, Telkomsel juga melakukan penggelaran 5G menggunakan frekuensi milimeter wave 26 GHz yang juga diizinkan sementara oleh Kominfo.

    Baca juga: Tiba di Mandalika, Quartararo dan Fernandez Beli SIM Card Apa?

    Pada pengujian di lapangan, frekuensi ini dapat menghasilkan kecepatan 5G mencapai 5 Gbps.

    “Perhelatan MotoGP 2022 di Mandalika jadi peluang besar bagi bangsa kita untuk menunjukkan berbagai potensi yang ada kepada dunia, karena perhelatan tersebut membuat Indonesia menjadi sorotan dunia,” ungkap Direktur Network Telkomsel Nugroho dalam pernyataannya.

    Ia melanjutkan, “untuk itu, kami menghadirkan showcase 5G Experience yang memamerkan 6 jenis use cases, di antaranya Humanoid Robot, Cloud Gaming, 5G Drone, Virtual Reality, AR Industrial Work Instruction, dan 5G mmWave-Device.”

    Selain Telkomsel, ada juga operator seluler XL Axiata yang siap menyuguhkan jaringan 5G di kawasan Mandalika, NTB sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap momen MotoGP 2022.

    Baca juga: XL Pastikan Pengunjung MotoGP Bisa Nikmati 5G Mandalika

    XL telah melalui berbagai persiapan di lapangan, dan per 18 Maret 2022 layanan data dan internet super cepat 5G sudah bisa diakses oleh pelanggan dan pengunjung Mandalika, tentunya menggunakan ponsel 5G.

    Layanan 5G dari XL ini bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika dan sepenuhnya gratis atau sama sekali tidak dikenakan biaya.

    Secara umum, upaya XL Axiata dalam menggelar jaringan 5G di Mandalika dikemas dalam dua tujuan, yaitu 5G Experience dan 5G Showcase.

    Untuk 5G Experience, pita frekuensi yang digunakan adalah 3,5 MHz di sejumlah titik akses 5G telah disiapkan di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP dan beberapa lokasi grandstand kawasan yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP.

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini