icon-category Auto

EV-Scooter, Ketika Pindad Bikin Motor Listrik

  • 04 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Pindad terus membuktikan diri sebagai produsen yang tidak hanya ahli membuat kendaraan perang, tapi juga mobil seperti Maung maupun motor listrik yang jadi produk terbarunya.

Diberi nama EV-Scooter, yang merupakan motor listrik terbaru garapan Pindad yang diperkenalkan pada Desember 2023 lalu.

Namun sebelumnya, Pindad ternyata diketahui juga sudah sempat membuat konsep motor listrik yang dinamakan Morino Moto EV yang sempat digunakan dalam ajang EV Fun Trip di kawasan Bandung, Jawa Barat, pada Juni 2023.

Motor listrik bergaya petualang tersebut diklaim memiliki TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) sebesar 80 persen, dan sudah terdaftar dalam Hak Kekayaan Intelektual kategori Desain Industri dari Kementerian Hukum dan HAM, sejak Februari 2022.

Dalam bentuk konsepnya Moto EV sempat dipamerkan, dan diuji coba di Sirkuit Mandalika, pada 19-21 November 2021 oleh pemerintah. Motor ini diklaim sudah diproduksi lokal, namun untuk penjualan resminya belum diinformasikan.

Morino Moto EV dibekali baterai 72 volt 50 Ampere hour yang diklaim bisa jalan sejauh 100 km namun dengan kecepatan 40 km per jam, dan waktu pengisiannya 3-4 jam.

Dinamonya berdaya 5 kilowatt atau setara 6,7 dk dengan kecepatan maksimal 80 km per jam.

Balik lagi ke EV-Scooter. Motor listrik terbaru Pindad ini dipersenjatai baterai berdaya 72 Volt 36 Ampere hour yang diklaim bisa jalan sejuah 100 km, dan hanya butuh waktu 2-3 jam untuk proses pengisiannya.

Motor listrik dengan BLDC 3 kilowatt itu punya kecepatan maksimal 70 km per jam. Soal harga belum ada bocorannya, begitu pun dengan warna yang tersedia, dan fitur-fitur penunjang di dalamnya.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad (Persero), Sigit P. Santosa mengatakan, EV-Scooter ini merupakan hasil kerja sama dengan PEI, dan menjadi salah satu produk inovasi yang ditargetkan diproduksi massal.

Rencananya, EV-Scooter akan diproduksi massal atau mulai dijual ke masayrakat pada tahun ini. PEI bukan hanya bertugas dalam proses perakitan motor listrik bergaya petualang tersebut, melainkan mendukung rantai pasoknya.

“Selain untuk assembly, tetapi kita libatkan dalam proses pengembangan produk bersama dengan divisi inobasi Pindad, untuk suplly chain manufacturing sepenuhnya di PT PEI. Dengan diluncurkannya EV-Scooter, di Januari 2024 ini kita bisa segera mendapatkan kontrak dan produksi massal,” ujar Sigit, dikutip dari Instagram resmi PT Pindad.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini