home ×
Gadget

Face ID di iPhone 13 Bisa Deteksi Pengguna Pakai Masker, Gimana Caranya?

26 August 2021 By
Face ID di iPhone 13 Bisa Deteksi Pengguna Pakai Masker, Gimana Caranya?
Share
Share
Share
Share

Foto: Miguel Tomás/Unsplash

Uzone.id -- Sistem keamanan biometrik berupa pemindai wajah, alias face recognition melalui fitur Face ID pada perangkat iPhone dari Apple sudah menjadi hal biasa. Namun, ada satu hal menjengkelkan yang baru dirasakan setelah ada pandemi.

Bagi kalian yang menggunakan fitur pengenalan wajah di ponsel, pasti merasa ribet ketika hendak membuka kunci ponsel saat mengenakan masker. Bukan apa-apa, pengguna terpaksa harus membuka masker dulu supaya ponsel seperti iPhone X ke atas dapat memindai wajah dan membuka kunci ponsel.

Paling mentok, ujung-ujungnya harus menggunakan password ponsel lagi.

Baca juga: Krisis Chip Tak Berdampak Bagi Produksi Apple

Nah, Apple kabarnya sedang mengembangkan fitur Face ID yang lebih canggih lagi agar teknologi pengenalan wajahnya dapat mengenali muka pengguna meski sedang mengenakan masker. Hal ini juga berlaku bagi pengguna yang memakai kacamata yang berkabut akibat mengenakan masker.

Seperti kebanyakan sistem pengenalan wajah, Face ID dirancang untuk mempelajari dan mengenali wajah utuh manusia, dengan atau tanpa kacamata. Mengenakan masker wajah pada dasarnya telah ‘merusak’ sistem tersebut, pun begitu dengan kacamata yang berkabut sebagai akibat dari mengenakan masker.

Salah satu perbaikan dari Apple yang sifatnya sementara adalah menggunakan Apple Watch untuk membuka kunci iPhone ketika Face ID gagal mengenali wajah pengguna. Namun, bergantung pada perangkat pelengkap seperti Watch pun tidak semua orang dapat melakukannya, karena tidak semuanya memiliki perangkat tersebut.

Baca juga: Kapan Nih iPhone Bawa Touch ID Lagi?

Mengutip Slashgear, solusi jangka panjangnya yakni meningkatkan teknologi Face ID agar dapat ‘menerawang’ masker dan kacamata berkabut tersebut.

Bocoran teknologi ini disampaikan oleh pemerhati teknologi Jon Prosser, dan ia mengklaim kalau Apple sedang menguji cobanya kepada para karyawan.

Apple meminta para karyawan untuk menggunakan Face ID tanpa masker, lalu menguji cobanya dengan sistem Face ID baru saat mengenakan masker agar mencocokan softwarenya.

Kita lihat saja nanti jadinya seperti apa.

VIDEO: Review Redmibook 15 Gak Pakai Pro

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id