home ×
Digilife

Facebook dan Twitter Berencana Bikin Tiruan Clubhouse

13 February 2021 By
Facebook dan Twitter Berencana Bikin Tiruan Clubhouse
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Facebook berencana membuat produk obrolan audio untuk menyaingi aplikasi audio-chat yang baru didirikan 2020 lalu, Clubhouse.

Menurut laporan The New York Times, Facebook telah memerintahkan karyawannya untuk mengembangkan sebuah produk bernama ‘Fireside’ yang mirip dengan Clubhouse.

Semenjak CEO Tesla Elon Musk dan CEO Facebook Mark Zuckerberg ketahuan memakai Clubhouse, popularitas aplikasi ini langsung meningkat pesat.

Baca juga: Mengenal Clubhouse yang Dipromosikan Musk

Clubhouse sendiri merupakan ruang obrolan beranggotakan banyak orang untuk bertukar informasi lewat fitur audio chat

Sudah bukan hal baru bagi Facebook untuk mengkloning produk populer atau membeli aplikasi yang dianggapnya sebagai saingan. Tahun lalu saja Messenger Rooms dirilis untuk menyaingi aplikasi video Zoom yang selama pandemi menjadi andalan untuk meeting virtual. 

Ada pula fitur video 15 detik bernama Reels di Instagram yang dibuat untuk menghambat popularitas TikTok. Ada juga aplikasi perpesanan Whatsapp yang dicontek dari aplikasi Snapchat.

“Selama bertahun-tahun kami telah menghubungkan pengguna melalui teknologi audio dan video, kami juga selalu mencari cara baru untuk meningkatkan pengalaman tersebut pada pengguna kami.” kata juru bicara Facebook, dikutip dari Cnet, kamis (11/2).

Baca juga: Elon Musk Gelar Sayembara Rp 1,4 Triliun

Perusahaan ini juga menambahkan bahwa pihaknya selalu bereksperimen namun belum memiliki kabar baru untuk dibagikan kepada umum.

Selain Facebook, ada Twitter yang juga sedang bereksperimen dengan fitur obrolan audio grup bernama Spaces. Pengusaha Mark Cuban juga dilaporkan sedang membuat aplikasi pesaing Clubhouse.

Meskipun sedang populer saat ini, penyebaran berita-berita hoaks khususnya tentang virus corona di aplikasi ini susah untuk dikendalikan. Padahal dalam situs webnya, mereka memiliki aturan untuk melarang ujaran kebencian dan konten-konten ofensif. Hal ini dilaporkan oleh Vice pada Cnet. 

Menanggapi isu penyebaran hoaks tersebut, pihak Clubhouse sendiri memilih untuk tak berkomentar langsung.

VIDEO Uzone Talks - Covid19 dan Kemajuan Teknologi Kesehatan

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id