home ×
Digilife

Facebook Diam-diam Kubur Pesan Pengguna, Begini Cara Membacanya

30 September 2021 By
Facebook Diam-diam Kubur Pesan Pengguna, Begini Cara Membacanya
Share
Share
Share
Share

Foto: Facebook Messenger/NY Post

Uzone.id - Sudah satu tahun lamanya Google mengubah layanan Messenger mereka dan membuang sistem lama dengan kategori ‘Inbox/Kotak Masuk’ dan ‘Other/Lainnya’. 

Google kemudian menyingkirkan kategorisasi ini dan membuat fitur ‘Message Request’ untuk pesan yang dikirimkan orang asing pada akun Facebook pengguna.

Dan ternyata, Facebook juga menghadirkan folder tersembunyi bernama ‘Filtered Message Request’ atau ‘Spams’ untuk mengubur pesan-pesan yang dideteksi tidak ingin dibaca pengguna.

Untuk melihat pesan-pesan tersembunyi tersebut, kalian bisa mengikuti cara berikut:

Pertama, buka aplikasi Messenger, lalu masuk ke Settings/Pengaturan, selanjutnya klik opsi People. Setelah itu, masuk ke “Message Requests” dan pilih opsi ‘Filtered Request’.

Baca juga: WNA Dipenjara Gara-gara Ajarkan Bisnis Kripto

Bagi pengguna Facebook web, kalian bisa mengikuti langkah di bawah ini:

Pertama, buka fitur Messenger pada Facebook, lalu klik Option atau ikon titik tiga di bagian atas, setelah itu klik Message Request. 

Dalam menu ini kalian akan menemukan pesan-pesan dari pengguna yang tidak satu kontak dengan kalian. Selanjutnya di bagian paling bawah, kalian akan menemukan tulisan ‘See Spams’ dimana pesan-pesan yang terdeteksi spam tersimpan disana.

Pesan tersebut mungkin tidak akan diketahui pengguna apabila memeriksanya secara rutin, bisa saja pesan tersebut berisi pesan yang penting namun masuk dalam kategori Spam oleh algoritma Facebook.

Menuai Kritikan

Meski memiliki niat yang baik, Facebook nyatanya mendapat kritikan pedas karena memfilter secara diam-diam pesan yang dikirim ke penggunanya. 

Dilansir dari Independent UK, filter ini merupakan fitur yang kejam bagi beberapa orang karena mereka melewatkan pesan berisi informasi bahwa kerabatnya meninggal dunia.

“Kerja bagus Facebook! Pesan tersembunyi ini membuat istri saya menangis.” kata Matt Spicer dari Bristol.

“Ia dihubungi oleh mendiang sepupunya yang meninggal semenjak mengirim pesan tersebut,” tambahnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id