icon-category Digilife

Facebook, IG, dan Threads Error Bersamaan, Ini Penyebabnya

  • 06 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Selasa malam (05/03), netizen ramai-ramai mengeluh tidak bisa menggunakan beberapa media sosial secara bersamaan.

Facebook, Instagram dan Threads secara bersamaan tidak bisa digunakan. Semua pengguna tidak bisa melakukan update dan terus mendapat notifikasi ‘couldn't’t refresh feed’, selain itu konten Stories terbaru yang diunggah juga tiba-tiba menghilang, dan tidak bisa melihat komentar serta viewers.

Pengguna di Facebook juga mengaku tidak bisa login dan tidak bisa me-refresh halaman utama media sosial. Sementara Threads juga memiliki gangguan serupa, yaitu tidak bisa memuat postingan terbaru walaupun sudah di refresh dan internet lancar.

Kejadian ini berlangsung selama beberapa jam, bahkan Twitter atau X juga sedikit ketularan gangguan dimana X tidak bisa memunculkan foto secara cepat. Namun, error tersebut tidak memiliki dampak besar, seperti platform Meta.

Mengutip Android Police, Google juga dikabarkan mengalami gangguan di beberapa layanan mereka, walau begitu gangguan tersebut bisa diatasi secara cepat sehingga tidak terlalu berdampak besar pada pengguna banyak.

Salah satu tim komunikasi Meta, Andy Stone pun ikut ‘ngungsi’ ke X dan memberi kabar ke pengguna mereka, dimana terdapat isu teknis dalam platform mereka.

“Hari ini, ada masalah teknis yang menyebabkan pengguna sulit mengakses beberapa layanan kami. Kami menyelesaikan masalah ini secepat mungkin untuk kalian yang terkena dampaknya, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” tulisnya.

Sementara itu, alasan error 3 platform besar ini masih menjadi perdebatan. Melansir dari Fortune, gangguan ini merupakan ‘gangguan skala besar’ pada alat bisnis Pusat Admin Meta dan sistem lainnya. 

Selain itu, ada yang menyebut kalau gangguan ini berhubungan dengan adanya gangguan pada kabel optik di Laut Merah yang terputus satu hari sebelum adanya gangguan besar tersebut. Putusnya kabel optik di Laut Merah ini menyebabkan adanya gangguan pada trafik internet di Asia dan Eropa.

Namun alasan ini masih dalam asumsi dan belum dikonfirmasi oleh pihak Meta maupun pihak platform lainnya yang mengalami gangguan serupa.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini