icon-category Digilife

Instagram Mau Rilis Fitur 'Stalking' Lokasi, Namanya Friend Map

  • 03 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Instagram kabarnya sedang mengembangkan fitur baru buat para penggunanya. Sayangnya, ada pro dan kontra soal fitur yang sedang diuji coba ini, fitur tersebut bernama Friend Map.

Ya, sesuai namanya Friend Map, fitur ini akan menampilkan lokasi pengguna lain secara real time. Sebenarnya fitur ini sudah ada di Snapchat. Jadi, secara gak langsung Instagram nyontek fitur Snapchat bernama Snap Map.

Melansir dari TechCrunch, Jumat, (01/03), fitur ini pertama kali ditemukan oleh Alessandro Paluzzi, dimana ia sering menemukan fitur media sosial dalam pengembangan sebelum peluncuran resminya.

Perkembangan fitur ini pun dikonfirmasi oleh Meta secara langsung dan menyebut kalau uji coba masih dalam tahap prototipe internal dan tidak sedang diuji secara eksternal. 

Dengan fitur ini, Instagram akan menyontek fitur dari (setidaknya) 3 platform sekaligus, yaitu Snapchat, Apple (fitur Find My) dan Zenly yang sudah ditutup.

Dari tanggapan layar yang dibagikan oleh Paluzzi, fitur Friend Map ini memungkinkan pengguna untuk memilih siapa saja yang bisa melihat lokasi mereka. Pengguna juga bisa menggunakan mode ‘Hantu’ untuk menyembunyikan lokasi mereka.

alt-img

Fitur ini akan hadir di menu Notes, dimana mereka bisa berbagi lokasi lewat catatan singkat tersebut.

alt-img

Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis, tapi ini akan membuat Instagram semakin banyak digunakan dan jadi alasan pengguna untuk menghabiskan lebih banyak waktu di aplikasi tersebut. 

Pasalnya, huru-hara soal fitur baru ini meluncur setelah adanya pernyataan dari bos Google yang menyebut kalau anak muda lebih sering membuka TikTok dan Instagram untuk mencari tempat baru untuk menghabiskan waktu.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini