home ×
Digilife

Facebook Mulai Lindungi Hak Cipta Konten Kreator

23 September 2020 By
Facebook Mulai Lindungi Hak Cipta Konten Kreator
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Facebook akhirnya mulai peduli pada hak cipta. Konten kreator yang merasa memiliki hak cipta atas gambar asli yang beredar di Facebook dan Instagramnya bisa diklaim.

Dilansir melalui NeoWin, Rabu, 23 September 2020, Facebook meluncurkan fitur baru bernama Rights Manager. Fitur ini memungkinkan pemilik konten untuk mengklaim kepemilikan konten, baik gambar maupun video.

Mereka juga bisa meminta Facebook untuk menurunkan konten tersebut jika bisa menunjukkan bahwa dia adalah benar-benar pemilik konten itu. Semua konten yang mereka miliki akan masuk ke dalam kolom yang disediakan di Rights Manager.

Baca juga: Rumor Facebook Bikin Kacamata Pintar Bareng Ray-Ban

Jadi, nantinya, Rights Manager akan memungkinkan kreator untuk membuat daftar konten-konten unik yang mereka klaim. Daftar konten ini masuk ke dalam referensi pustaka. Algoritma di dalam Rights Manager kemudian akan mencari konten-konten yang sesuai dengan daftar di referensi pustaka itu, yang terlanjur viral di Facebook.

Jika ditemukan ada konten yang sesuai dengan klaim si kreator, maka kreator bisa memilih apakah ingin konten tersebut diblokir atau hanya dipantau saja. Kreator juga bisa meminta Facebook untuk memberikan kredit secara otomatis di postingan tersebut melalui sebuah link.

Baca juga: Zuckerberg dan Facebook Berencana Bunuh iPhone

Yang menarik, kreator juga bisa memiliki mitra tertentu yang bisa menggunakan konten tersebut melalui sistem yang ada. Ditambah, konten kreator juga bisa memiliki wilayah mana konten mereka bisa dilihat. apakah hanya di wilayah tertentu atau ke seluruh dunia.

Dikatakan Facebook, Rights Manager dikembangkan untuk para kreator dan publisher yang telah memiliki katalog konten yang banyak dan yang sedang berkembang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article