home ×
Digilife

Facebook Mulai Masuk ke Bisnis Media Online

28 January 2021 By
Facebook Mulai Masuk ke Bisnis Media Online
Share
Share
Share
Share

Uzone.Id - Facebook mengambil langkah besar untuk meningkatkan perannya dalam dunia digital. Facebook News adalah layanan Facebook yang menyediakan bagian khusus bagi penggunanya untuk membaca berita dari berbagai sumber.

Layanan ini akhirnya rilis bagi pengguna di Inggris pada 26 Januari 2021. Demikian dikutip dari Tech Crunch, Kamis (28/1).

Baca juga: Ratusan Juta Nomor Ponsel Pengguna Facebook Dicuri

Berbagai portal berita yang menjadi sumber adalah Channel 4, Sky News, The Guardian, The Economist, dan beberapa portal berita terpercaya lainnya. Selain portal berita dunia, berita seputar lifestyle pun juga menjadi partner dari Facebook News.

Berita yang ’personalised

Layanan ini pada awalnya baru rilis bagi pengguna di Amerika Serikat pada tahun lalu, namun sekarang pengguna dari Inggris dapat menikmati fitur ini.

Layaknya seperti versi yang telah tersedia bagi pengguna Amerika Serikat, pengguna akan disediakan daftar berita pilihan setiap harinya.

Baca juga: Ratusan Juta Akun Facebook, LinkedIn, dan Instagram Bocor

Daftar yang disediakan dikhususkan bagi pengguna. Pengguna dapat menilai apabila mereka menyukai atau ingin menyembunyikan berita yang tampil agar algoritma yang ada berfungsi lebih baik.

Facebook menyampaikan kalau pihak mereka membayar para portal berita untuk menyajikan berita yang belum ada di platform lainnya.

Maka hal ini membuka jalan bagi para portal berita terhadap kesempatan mendapat subscription yang baru.

Potensi Facebook News

Media sosial sering dijadikan sumber berita mentah bagi banyak penggunanya, dan apabila kita melihat praktiknya sekarang, hal ini banyak berdampak buruk karena sumber yang kurang kredibel.

Media sosial yang disebut di atas juga meliputi Facebook.

Facebook tidak hanya menjadi tempat untuk mencari hiburan, tempat jual-beli, atau bahkan menjadi tempat mencari kerja namun juga menjadi sumber berita.

Facebook berniat untuk menyediakan wadah dimana berita kredibel dan akurat dapat dikonsumsi bagi penggunanya. Walau beragam, berita yang ditampilkan tetap mengacu pada minat pengguna.

Perilisan di Inggris

Belum ada penjelasan lengkap mengapa tanggal perilisan di Amerika Serikat dan di Inggris terpaut cukup jauh. Namun kemungkinan besar alasan Facebook adalah untuk mempersiapkan lisensi atau izin dari berbagai portal berita.

Facebook juga sedang mempersiapkan perilisan Facebook News bagi pengguna lain di seluruh dunia. Negara selanjutnya dalam daftar Facebook adalah Brazil, Jerman, dan India walau belum ada tanggal resmi perilisannya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article