home ×
Startup

Facebook Pede Luncurkan Pesaing Clubhouse Segera

20 April 2021 By
Facebook Pede Luncurkan Pesaing Clubhouse Segera
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Clubhouse belakangan ini terus menjadi perbincangan semua pihak. Aplikasi audio chat ini bak ‘anak baru’ yang keberadaannya banyak diinginkan, dimiliki dan bahkan disingkirkan oleh pihak-pihak tertentu.

Banyak platform raksasa seperti Facebook, Twitter hingga Telegram berbondong-bondong ikut tren membuat siaran audio dengan menawarkan fitur-fitur unik khas mereka sendiri.

Tapi, berbicara mengenai saingan yang paling niat mengalahkan Clubhouse, Facebook jadi yang paling berambisi. Platform raksasa ini tak hanya akan mengumumkan satu pesaing Clubhouse, tapi lengkap dengan fitur-fiturnya dan menempatkan audio di depan dan tengah.

Baca juga: Clubhouse Raih Kucuran Dana Rp58 Triliun

CEO Mark Zuckerberg sendiri sudah lama jatuh hati pada konsep dari Clubhouse. Ia telah menunjuk NPE atau New Product Experimentation untuk menghasilkan aplikasi pesaing Clubhouse.

Anehnya, untuk mengalahkan Clubhouse ini Facebook tak datang dengan konsep One vs One tapi langsung meluncurkan serangkaian fitur dibawah banner ‘Social Audio” pada platformnya.

Vox dalam Slashgear, Selasa, 20 April 2021, melaporkan jika Facebook memiliki setidaknya empat project audio yang akan diumumkan pada hari senin akhir April mendatang. Salah satunya, perluasan Messenger Rooms.

Baca juga: Clubhouse untuk Android Hadir Mei 2021

Nantinya, pengguna akan diberikan opsi audio-only pada layanan konferensi video yang telah diluncurkan tahun lalu. Akan ada juga fitur yang baru yang bisa merekam dan memposting pesan suara singkat, mirip dengan fitur anyar Twitter yang baru-baru ini diluncurkan.

Facebook juga siap mengumumkan produk baru yang sedikit mirip Clubhouse. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mendengarkan dan berinteraksi dengan pembicara dalam sebuah audio-only “Stage”. Mirip-mirip dengan layanan Facebook bernama “Hotline” yang juga mulai diuji minggu lalu.
Desas-desus lain mengatakan jika Facebook bekerja sama dengan Spotify terkait Podcast, sebuah usaha baru yang dilakukan oleh raksasa streaming audio tersebut.

Terlepas dari popularitasnya, jangkauan Clubhouse sebenarnya masih sangat terbatas karena sistem undangan khusus dan hanya tersedia di iOS, meski kabarnya versi Android akan segera meluncur Mei mendatang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article