home ×
Digilife

Facebook Siap Rilis Mata Uang Digital Diem

21 April 2021 By
Facebook Siap Rilis Mata Uang Digital Diem
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Alex Haney / Unsplash)

Uzone.id - Diem adalah koin digital yang didukung Facebook diharapkan bisa diluncurkan akhir tahun 2021, meskipun dalam bentuk yang jauh lebih terbatas.

The Diem Association, organisasi nirlaba yang berbasis di Swiss untuk mengawasi perkembangan Diem, bertujuan untuk meluncurkan sebuah pilot dengan satu stablecoin yang dipatok ke dolar AS pada tahun 2021, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut.

Orang tersebut mengatakan, uji coba ini akan berskala kecil dan sebagian besar akan fokus pada transaksi antara konsumen individu.

Mungkin juga ada opsi bagi pengguna untuk membeli barang dan pembelian, tambah orang itu. Namun, tidak ada tanggal yang diketahui secara pasti kapan Diem diluncurkan.

BACA JUGA: UU ITE Jadi Landasan Paul Zhang Bisa Ditangkap Meskipun di Luar Negeri

"Ini benar-benar hilang dari radar dengan cara yang cukup mencolok," kata Michael Casey, kepala konten publikasi cryptocurrency CoinDesk dan mantan jurnalis keuangan, mengatakan kepada CNBC.

Diem diawasi dengan ketat saat pertama kali diperkenalkan. Mengingat jangkauan luas Facebook, dengan 2,8 miliar pengguna aktif bulanan pada kuartal keempat tahun 2020, bankir sentral dan politisi khawatir mata uang tersebut bisa mengancam stabilitas moneter dan berpotensi memungkinkan pencucian uang.

Keterlibatan Facebook dalam hal ini juga ada kekhawatiran bagaimana media sosial populer ini akan melindungi privasi pengguna.

BACA JUGA: Akun Facebook Kena Mention Video Porno, Ini yang Harus Dilakukan

Revolusi mata uang digital

Facebook sendiri ingin merevolusi keuangan dengan mata uang digital global, yang kemudian muncul regulator.

Pertama kali diusulkan pada Juni 2019 dengan nama Libra dan pada awalnya dimaksudkan sebagai mata uang universal yang terkait dengan mata uang macam dolar AS dan euro.

Namun, setelah menghadapi tantangan kuat dari regulator di seluruh dunia, organisasi yang mengawasi proyek tersebut kehilangan pendukung utama termasuk Visa dan Mastercard.

Kelompok tersebut akhirnya mempermudah rencananya, memilih beberapa "stablecoin" yang kemudian dikenal Diem.

VIDEO Redmi Note 10 Pro, Kamera 108MP, Layar Amoled

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article