Digilife

Facebook Tunda Pengembangan Aplikasi Instagram Kids, Banyak Kritik

  • 28 September 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Facebook sudah lama berencana untuk membuat aplikasi Instagram khusus untuk anak-anak. Namanya Instagram Kids. Namun langkahnya menemui jalan terjal karena banyak kritik yang menyebut jika media sosial justru berbahaya bagi anak-anak.

    Dilansir melalui Neowin, Selasa, 28 September 2021, meski banyak yang mengkritik, Facebook sepertinya tidak goyah. Ketimbang harus menghentikan pengembangannya dan fokus ke segmen media sosial yang ada, Facebook memilih untuk menunda pengembangan tersebut.

    Jeda waktu ini akan digunakan Facebook untuk membuat fitur kontrol orang tua di dalam Instagram Kids. Mereka juga akan melakukan pendekatan persuasif ke para orang tua, dan pembuat kebijakan atau pemerintah tentunya, agar mau menerima produk ini sebagai bagian dari kehidupan anak-anak.

    Baca juga: Facebook Bantah Instagram Bikin Remaja Toxic

    "Kami percaya, membuat Instagram Kids merupakan langkah yang benar tapi kami harus menundanya. Kami akan menggunakan waktu ini sebaik-baiknya untuk bekerja sama dengan orang tua, ahli, dan pembuat kebijakan guna menunjukkan nilai dan keuntungan yang didapatkan dari produk ini," kata Adam Mosseri, Head of Instagram.

    Facebook tetap kukuh jika aplikas Instagram Kids sangat berguna dan bermanfaat. Aplikasi ini dimaksudkan untuk menambah pengalaman penggunaan smartphone yang diberikan orang tua kepada anak-anak usia muda. Facebook percaya jika lebih baik orang tua memberikan akses ke Instagram yang benar-benar didesain untuk anak-anak dan bisa dikontrol orang tua.

    Bisa jadi, penundaan pengembangan aplikasi Instagram Kids merupakan hasil dari banyaknya kritik yang dilontarkan ke produk tersebut. Banyak orang yang menganggap jika Instagram Kids merupakan ide yang buruk bagi orang tua dan anak-anak. Namun Facebook menyatakan jika anak-anak sudah terlanjur online dan mengenal dunia media sosial seperti Instagram. Jadi lebih baik jika anak-anak diberikan media sosial yang sesuai dengan umur mereka, ketimbang harus mengakses aplikasi yang bukan untuk usia mereka.

    Baca juga: Bos Instagram: Medsos Seperti Mobil, Sama-sama Bisa Renggut Nyawa

    Menurut pihak Instagram, memberikan pengalaman yang baik untuk parental control atau kendali orang tua di media sosial merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Facebook juga memutuskan untuk terus mengembangkan fitur parental control di platform yang eksisting, seperti Facebook App dan Instagram App.