icon-category Health

Fakta Tentang Freckles, Bintik-Bintik Cokelat di Wajah yang Jadi Tren Kecantikan

  • 20 Aug 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Pernikahan Meghan Markle dengan Pangeran Harry telah lama berlalu. Namun masih banyak yang belum bisa melupakan penampilan Meghan di hari bersejarah itu. Meghan tampil cantik dengan riasan natural, tanpa berusaha menutupi freckles (bintik-bintik cokelat) di wajahnya.

    Keberanian Meghan untuk tampil apa adanya itu ternyata menginspirasi banyak wanita. Bahkan mengutip New York Post, banyak yang memamerkan kulit wajah alami di media sosial menggunakan hashtag #freckleslikemeghan.

    Beberapa orang yang tidak memiliki freckles berusaha untuk merias wajah dengan membubuhkan bintik-bintik hitam di sekitar hidung dan bawah mata. Bahkan, ada yang sampai membuat tato freckles.

    Baca: Umur 30 Tahun Masih Ada Jerawat, Apa Penyebabnya?

    Namun sebelum mengikuti tren yang sedang berkembang, kamu mungkin perlu mengetahui terlebih dahulu seluk beluk tentang freckles.

    Mengutip WebMD, freckles adalah bintik-bintik hitam yang biasa ditemukan di wajah, leher, dada, dan lengan. Freckles umum terjadi—terutama pada orang berkulit putih dan berambut pirang. WebMD menyebutkan bahwa freckles bukan ancaman bagi kesehatan.

    #freckleslikemeghan

    A post shared by sçãrlëtt (@imlottsie555) on

    Freckles disebabkan oleh faktor genetika dan paparan sinar matahari. Menurut dr. Jonathan R. Subekti, SpKK dari Bamed Skin Care, Jakarta, juga mengungkapkan hal yang sama.

    Baca: Waspada Gaes, Ini Berbagai Racun yang Ada di Rokok

    Freckles itu bawaan, dicetuskan oleh sinar matahari. Banyak terjadi pada orang Kaukasia, biasanya anak-anak sudah ada freckles,” kata Jo dalam seminar media di Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

    Meski demikian, Jo mengungkapkan bahwa freckles juga mungkin terjadi pada orang Indonesia.

    “Orang Indonesia yang kulitnya agak putih juga bisa muncul. Muncul dari kecil, tergantung pada pajanan sinar matahari. Semakin sering, berarti semakin banyak freckles.”

    Lebih lanjut, Jo mengatakan bahwa bila dibiarkan, freckles tidak menimbulkan risiko.

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini